Search
Generic filters
Exact matches only

#BUDAYABEBERES #GERAKANTUMPUKTENGAH, Tim Manakah Anda?

0
8 months ago

Sudah sejak awal tahun 2018 satu restoran cepat saji di Indonesia mengkampanyekan #BudayaBeberes, hal ini menimbulkan pro kontra di media sosial. Beberapa orang menilai membersihkan sampah sisa makanannya sudah menjadi pekerjaan pegawai restoran tersebut. Padahal budaya ini bertujuan untuk mewujudkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap lingkungan dengan cara membiasakan diri untuk memilah sampah dan membuangnya ke tempat sampah. Jika dibandingkan di restoran luar negeri tentunya sangat berbeda. Masyarakat luar negeri sudah terbiasa memilah sampah di rumah mereka, jadi ketika mereka makan di restoran pun, mereka akan menerapkannya.

Beberapa orang sudah menerapkan budaya ini, tetapi tidak sedikit yang belum mempunyai kesadaran. Namun beberapa kelompok orang yang tidak mau ribet membersihkan sampah sisa makanan nya memilih untuk menumpuk tempat makanan dan minuman yang digunakan ketika makan di atas nampan lalu meletakkannya di tengah supaya pegawai restoran lebih cepat membereskannya. Tindakan ini disebut sebagai #GerakanTumpukTengah. Tindakan ini tentunya lebih baik daripada hanya membiarkannya dan meninggalkan sampah sisa makanan sebelum pergi dari restoran.

Akan tetapi, kedua tindakan itu di beberapa restoran Indonesia masih cukup asing. Terlebih lagi untuk #BudayaBeberes, tidak banyak restoran yang menyiapkan tempat untuk membuang sampah sisa makanan. Selain itu beberapa orang masih memandang dengan aneh terhadap orang-orang yang membersihkan sampah sisa makanan nya sendiri. Tetapi pandangan tersebut lama-lama akan berubah menjadi perasaan malu dan segan apabila banyak orang yang sudah melaksanakan #BudayaBeberes dan beberapa orang itu masih tidak.

Jadi mulailah membiasakan diri untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan kebersihan, setidaknya melakukan tindakan #GerakanTumpukTengah apabila masih malas melakukan #BudayaBeberes. Selain itu, diharapkan bagi pihak restoran untuk menyiapkan tempat untuk membuang sampah sisa makanan seperti yang diterapkan restoran cepat saji di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode