Search
Generic filters
Exact matches only

Bullying Menimbulkan Dampak Yang Tidak Hanya Sesaat, Tapi Seumur Hidup

0
6 months ago

Bullying merupakan sebuah perilaku kekerasan fisik maupun mental yang dilakukan satu orang atau lebih dengan cara melakukan penyerangan atau mengintimidasi orang lain. Bullying sudah menjadi permasalahan global yang lambat laun terlihat sebagai fase normal yang seolah harus dilewati ketika remaja tumbuh menjadi dewasa. Meski begitu bullying tetap saja memberikan dampak yang buruk bagi seseorang. Berikut ada beberapa dampak buruk bullying bagi seseorang, khususnya korban bullying.

  • Gangguan psikologis

Korban akan mengalami gangguan kecemasan, bahkan depresi. Jika depresi, maka akan dapat menimbulkan pikiran untuk mengakhiri hidupnya. Selain itu, korban juga bisa mengalami gejala psikosomatis yang membuat psikologis memicu gangguan pada kesehatan fisik, seperti sakit perut, mual, dan sakit kepala.

Sudah pasti korban akan mengalami gangguan tidur karena akan terus-terusan merasa cemas dan ketakutan, sekalipun bisa tidur maka tidak akan bisa nyenyak dan sering mimpi buruk.

  • Gangguan prestasi

Dampak buruk lainnya adalah akan mengganggu prestasi korban karena korban bullying akan kesulitan untuk berkonsentrasi dan sering absen hanya untuk menghindari si pelaku atau trauma.

  • Gangguan dalam bersosialisasi

Korban bullying seringkali ditempatkan pada status sosial yang paling rendah, sehingga membuat mereka menjadi kesepian, terabaikan, dan membuat mereka menjadi krisis rasa percaya diri, serta selalu minder. Hal ini akan membuat mereka memilih untuk sendiri daripada bersosialisasi atau menjalin hubungan dengan orang lain.

Selain dampak-dampak di atas ada dampak lain yang masih sering dirasakan korban meski sudah lama setelah insiden tersebut berlangsung. Dampak lain tersebut adalah kondisi kesehatan mereka di usia 40 tahun ke atas cenderung lebih buruk dari segi mental maupun fisik, fungsi kognitif mereka menjadi lebih rendah dibandingkan dengan yang lain, dan bisa jadi kualitas hidup mereka pun juga lebih rendah daripada yang lain. Kasus bullying sendiri kian merajalela di Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya kepedulian dari orang tua, sekolah, dan masyarakat sekitar untuk mau membantu mengawasi dan mengontrol perilaku yang biasa terjadi di kalangan remaja ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode