Search
Generic filters
Exact matches only

Burnout Jangan Dibiarin!

0
8 months ago

Burnout merupakan suatu sindrom kelelahan emosional, mental dan fisik yang disebabkan oleh lingkungan kerja yang tidak kondusif dan berlangsung dalam waktu lama. Milenial termasuk generasi yang rentan mengalami burnout karena mereka memiliki ekspektasi tinggi terhadap diri sendiri terutama mengenai pencapaian-pencapaian yang menjadi target hidup mereka. Hal ini juga diperparah dengan banyak milenial yang memiliki jam kerja yang tidak menentu.

Tidak semua orang sadar saat mengalami burnout. Mereka hanya merasa lebih cepat lelah sehingga pekerjaan tidak optimal, lebih sinis dari pada sebelumnya juga merasa dipenuhi oleh pikiran negatif. Jika mulai merasakan demikan ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi burnout, lho. Kamu dapat mencoba melakukan:

Istirahat. Mungkin kamu terbiasa untuk bekerja keras dan perfeksionis sehingga sering memaksa diri untuk bekerja bahkan saat fisik kamu sudah lelah. Tetapi, kamu harus ingat kalau pekerjaan yang dilakukan dalam kondisi lelah tidak akan maksimal dan cenderung membuat emosi atau stress. Nah, saat kamu mulai merasa lelah sebaiknya langsung beristirahat. Tidak hanya memperbaiki kondisi fisik, istirahat juga akan mengembalikan konsentrasi dan suasana hati.

Liburan. Tidak ada yang salah dengan liburan. Sesekali ada baiknya kamu mengambil libur dan mengunjungi tempat yang sudah lama kamu ingin datangi. Jika merasa dana yang kamu miliki tidak cukup untuk berlibur, staycation atau sekadar bersantai di rumah sambil melakukan hobi juga dapat menjadi pilihan.

Bersosialisasi. Selalu ingat kalau kamu harus menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan sosial. Bertemu sahabat, berkumpul dengan teman lama, saling bercerita dan bertukaran diyakini dapat mengurangi burnout. Pikiran negatif yang menghantui kamu dapat hilang dengan dukungan dari teman dan keluarga terdekat. Selain itu sosialisasi juga memberi kesempatan kamu untuk bertemu dengan orang dan lingkungan baru.

Melakukan hobi. Kapan terakhir kali kamu melakukan hobi? Jika kamu bingung karena tidak ingat kapan terakhir kali melakukannya maka kamu perlu waspada. Aktivitas yang mampu membuat rileks, memenangkan diri dan dilakukan atas keinginan sendiri juga dapat mengurangi burnout. Luangkan waktu untuk melakukan hobi kamu setidaknya beberapa jam setiap minggu. Kamu juga disarankan untuk bergabung dengan komunitas untuk menambah kesenangan saat melakukan kegiatan yang kamu gemari ini.

Mengenali kebutuhan. Percaya atau tidak, terkadang burnout dapat hilang hanya dengan menentukan prioritas kegiataan atau pekerjaan yang akan kamu lakukan hari ini. Prioritas membuat kamu lebih mudah mengetahu pekerjaan mana yang penting dan berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya. Ini akan mengurangi stress yang kamu rasakan secara signifikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode