Search
Generic filters
Exact matches only

Camilan Sehat Berbahan Dasar Murah

0
8 months ago

Masyarakat Indonesia umumnya menyukai makanan manis. Makanan manis pun disukai oleh berbagai kalangan dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Makanan manis yang sangat disukai biasanya berbentuk camilan. Beberapa camilan yang mereka sukai adalah kue, es krim, coklat, donat, dan martabak manis. Akan tetapi, berlebihan dalam mengkonsumsi makanan manis juga tidak baik karena makanan manis dapat menyumbang 500 kalori ekstra. Hal itu dapat memicu obesitas yang merupakan faktor utama penyebab diabetes, meningkatkan risiko penyakit jantung, dan dapat merusak fungsi hati dalam kurun waktu tertentu.

Oleh karena itu, agar dapat menikmati kelezatan makanan tersebut tanpa harus mengkhawatirkan dampak buruknya terhadap tubuh perlu adanya pemilihan bahan baku yang memiliki banyak kandungan gizi tetapi tidak menghilangkan cita rasa makanan tersebut. Salah satu bahan baku yang mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi dan dapat digunakan adalah sukun. Sukun merupakan buah yang dihasilkan oleh tanaman Artocarpus altilis. Bentuk yang dimiliki bulat hingga cenderung lonjong. Sukun memiliki warna hijau terang dan akan berubah menjadi kuning kecoklatan saat matang. Sukun juga memiliki kandungan nutrisi, yaitu karbohidrat, protein, serat, lutein, beta karoten, folates, vitamin B-6, vitamin E, vitamin C, vitamin K, sodium, kalsium, kalium, dan magnesium. Sukun pun tidak memiliki kandungan gluten dan memiliki indeks glikemik lebih baik dibanding bahan baku lain seperti kentang, beras, dan gandum sehingga sukun tidak akan mempengaruhi kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Serat yang tinggi pada sukun juga dapat melancarkan buang air besar. Selain itu sukun juga merupakan sumber antioksidan karena kandungan lutein dan beta karotennya.

Banyak sekali manfaat yang terdapat pada sukun dan saat ini tidak banyak masyarakat yang mengetahui manfaat sukun. Manfaat yang banyak, rasa yang manis gurih dan tekstur yang lembut saat sudah matang dari sukun dapat dijadikan inovasi baru untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan donat, es krim, dan bolu, makanan yang sangat digemari berbagai kalangan masyarakat. Sukun sendiri juga sangat mudah diperoleh, pohon sukun dapat ditemui di dataran rendah dan buah sukun pun sangat mudah ditemui di pasaran yang dijual dengan harga eceran berkisar antara Rp 10000 hingga Rp 15000 per buah, sedangkan berat per buah rata-rata 2 hingga 4 kilogram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode