Search
Generic filters
Exact matches only

Cara Cepat Kendalikan Rasa Marah

0
6 months ago

Menghadapi situasi yang buruk atau peristiwa tidak terduga mudah sekali membuat kita marah. Saat rasa marah menguasai, diri kita bisa tidak terkendali atau bahkan melakukan hal-hal yang akan disesali setelahnya. Marah merupakan perasaan dan tindakan yang sangat wajar. Tetapi bila cara mengendalikannya tidak tepat, malah akan menciptakan masalah baru.

Contohnya saat kamu marah dengan sahabatmu karena sebuah masalah, kamu pun emosi dan tidak mampu mengendalikan marahmu. Kemudian kamu mengatakan kata-kata buruk padanya dan membuat hubungan persahabatan kalian pun putus karena saling merasa tidak dihargai. Untuk menghindari masalah seperti ini, pelajari cara cepat untuk kendalikan rasa marah berikut.

Tarik dan Embuskan Napas Berulang

Mungkin kamu sering mendengar tentang ‘inhale, exhale’. Kedua kata ini dimaksudkan untuk melakukan tarik napas dan mengembuskannya. Jika kamu sedang merasa kesal atau marah, kamu bisa melakukan keduanya berulang. Tujuannya, agar perasaanmu lebih tenang. Keduanya memang menjadi salah satu gerakan dalam yoga dan sudah terbukti membuat diri jadi lebih tenang. Lakukan tarik napas dan mengembuskannya sebanyak 7 kali hitungan. Tidak hanya saat marah, tetapi bisa dilakukan rutin setiap hari untuk melatih kesabaran dan membuat emosi lebih terkendali.

Cuci Muka dan Minum Air Putih. Cara lainnya ialah cuci muka dengan air mengalir. Lalu minum segelas air putih segara. Selain mengurangi rasa marah, kamu akan merasa lebih fresh lagi. Terkadang rasa marah muncul karena kamu sedang merasa terlalu capek atau letih. Padahal masalah yang membuatmu marah tidak terlalu besar.

Pergi Ke Tempat Sepi dan Keluarkan Emosimu. Ingin kendalikan rasa marah dengan ‘membuangnya’? Kamu bisa pergi ke tempat yang sepi dan jauh dari keramaian, ungkapkan perasaanmu, keluarkan emosimu. Kamu bisa berteriak sekuat tenaga, atau pun menangis sepuas-puasnya. Cara ini cocok sekali buat kamu yang hobi memendam rasa marah, kesal, dan kecewa.

Mendengarkan Musik. Musik adalah bahasa universal yang indah dan istimewa. Ketika merasa marah, pasanglah headset di telinga. Putar lagu-lagu kesukaanmu atau sekadar mendengarkan musik secara random bisa membantu mengendalikannya.

Jika lebih gemar menonton film atau membaca buku, kedua kegiatan tersebut pun bisa kamu lakukan. Terpenting kamu tidak dikuasai perasaan marah yang seringnya malah menciptakan masalah baru dalam hidupmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode