Search
Generic filters
Exact matches only

Cara Jitu Menghemat Uang Selama Menghadapi Pandemi

0
6 months ago

Indonesia termasuk negara yang terkena pandemi corona dengan jumlah penderita cukup tinggi. Hal ini berdampak pada kondisi ekonomi penduduknya. Jumlah pekerja yang harus diberhentikan paksa atau PHK tidak sedikit. Sebagian pekerja pun ada yang diliburkan demi menyesuaikan kondisi perusahaan.

Tips Menghemat Uang di Tengah Pandemi Corona

Masak Sendiri di Rumah. Anda yang harus memenuhi kebutuhan pokok lebih banyak seperti makanan, cobalah lebih rajin masak sendiri. Tidak sedikit dari kita terbiasa mengandalkan masakan yang dibeli dari luar.  Apalagi jika memang terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman dari luar, pasti akan kesulitan menghadapi kondisi seperti saat ini. Mulai masak segalanya di rumah, cobalah membuat jajanan yang biasa dibeli dari luar. Selain dapat menghemat uang, membiasakan masak sendiri lebih terjamin kualitas dan kebersihannya.

Hindari Membeli Barang yang Sebenarnya Tidak Penting. Cara kedua adalah usahakan hindari membeli barang yang sebenarnya tidak begitu penting. Misalnya ketika Anda menemukan barang menarik yang dipercaya bisa membuat kita tidak terserang virus corona. Padahal kalau dipikir, barang tersebut tidak dibutuhkan atau dapat diganti dengan barang yang jauh lebih murah.

Jangan Menyerah Mencari Harga Termurah. Berikutnya, luangkan sedikit waktu dan tanaga untuk mencari harga yang paling murah saat Anda harus membeli produk-produk dalam memenuhi kebutuhan. Anda bisa mengandalkan toko online, maupun secara offline.Tidak jarang harga yang ditawarkan toko online lumayan lebih murah dibandingkan membeli offline.Saat ini banyak e-commerce yang menawarkan harga produk menarik ditambah layanan gratis ongkos kirim.

Hindari Berhutang. Memiliki kebutuhan mendadak lalu keuangan tidak mendukung, jalan yang sering sekali dipilih ialah berhutang. Baik berhutang dengan skala kecil, maupun besar. Saat kondisi sedang tidak stabil seperti saat ini, kegiatan berhutang banyak dipilih sebagai solusi.Sayangnya, tidak sedikit mereka yang berhutang berpikir lebih jauh. Tidak mudah diprediksi bagaimana ke depannya. Lebih baik sebisa mungkin hindari berhutang apabila memiliki pilihan lainnya. Mengandalkan tabungan atau mengurangi pengeluaran bisa dipilih.

Atur Keuangan Lebih Rinci.Cara terakhir untuk menghemat uang ketika pandemi corona adalah atur keuangan Anda jauh lebih rinci dibanding biasanya. Jika biasanya Anda cuek atau tidak terlalu peduli dengan keuangan Anda setiap minggu atau bulannya, sekarang coba atur. Buatlah catatan dengan tujuan menghitung pendapatan, pengeluaran, dan tabungan milik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode