Search
Generic filters
Exact matches only

Cara Meningkatkan Wawasan Budaya Indonesia

0
8 months ago

Sebagai makhluk sosial, manusia senantiasa terlibat dalam proses interaksi masyarakat yang terus berubah dan berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini dipengaruhi karena perkembangan era globalisasi yang begitu cepat. Batas-batas wilayah negara semakin kabur sehingga kebiasaan dan budaya asing masuk ke negara Indonesia hampir tanpa ada filter. Apabila terus dibiarkan terjadi maka akan menjadi ancaman bagi adat istiadat dan budaya Indonesia. Bangsa Indonesia juga bisa kehilangan jati dirinya. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan supaya masyarakat Indonesia bisa memfilterisasi kebiasaan dan budaya asing yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia, seperti wawasan mengenai budaya bangsa Indonesia.

 

Wawasan akan budaya bangsa Indonesia merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap warga Indonesia. Hal ini dikarenakan tanpa adanya wawasan atau pengetahuan akan budaya bangsa maka tidak akan tercipta rasa untuk mencintainya. Karena tanpa mengetahui masyarakat tidak akan paham cara mengembangkan dan mempertahankannya dan pada akhirnya menyebabkan punahnya budaya itu sendiri.

Wawasan akan budaya pada masyarakat dapat ditingkatkan melalui beberapa cara, yaitu sebagai berikut.

  • Melalui sosialisasi

Sosialisasi akan kebudayaan penting untuk dilaksanakan. Sosialisasi ini dapat membuka wawasan masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kelestarian budaya Indonesia. Selain itu juga dalam sosialisasi masyarakat di diberi informasi dan solusi dalam menjaga serta mengembangkan kebudayaan yang ada di daerahnya.

Media massa sangat berperan dalam meningkatkan wawasan akan budaya terhadap masyarakat. Dalam hal ini media massa dapat digunakan untuk menginfokan macam-macam budaya yang ada di Indonesia. Dengan demikian budaya Indonesia akan dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu juga dengan diInformasikan melalui media massa dapat melindungi budaya Indonesia tersebut dari klaim negara lain.

Pendidikan merupakan tempat yang tepat dalam meningkatkan wawasan budaya khususnya pada generasi muda. Karena generasi mudalah yang nantinya akan menjaga dan mengembangkan kebudayaan Indonesia setelah generasi tua tiada. Dalam pendidikan dapat dimasukan pesan-pesan moral dalam menjaga kebudayaan atau ditambahkan mata pelajaran yang menyangkut kebudayaan dan cara melestarikannya. Dengan menerapkan hal tersebut wawasan akan budaya akan terbentuk pada generasi muda dengan sendirinya.

Teknologi juga dapat dikembangkan dalam meningkatkan wawasan akan budaya pada masyarakat Indonesia. Misalnya saja pembuatan video-video budaya baik berupa nyanyian daerah, tarian daerah, upacara adat dan lain sebagainya. Video tersebut dapat disebar luaskan dan dijual ke masyarakat. Dengan demikian wawasan masyarakat akan budaya dapat berkembang dan keadaan budaya akan dapat dipertahankan baik dari kepunahan maupun pengaruh globalisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode