Search
Generic filters
Exact matches only

Cara Menjaga Kesehatan Walau di Rumah Saja

0
6 months ago

Sering kali kita berpikir, berdiam diri di rumah jauh lebih menyenangkan, sekaligus bisa maksimal memanjakan diri sendiri. Namun ternyata berbeda jika terlalu lama berada di rumah seperti saat ini. Menghabiskan waktu dan lebih banyak beraktivitas di rumah terus-menerus bisa mengganggu kesehatan. Baik fisik, maupun mental lho.

Apalagi bila kamu sehari-hari aktif beraktivitas di luar rumah dan lebih nyaman menyibukan diri dengan beragam kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Belajar Memahami Prioritas. Dalam kondisi dan situasi yang mengharuskan kita selalu berada di rumah, wajib sekali belajar memahami apa saja prioritas yang lebih baik didahulukan. Seperti mendahulukan kebutuhan dasar. Pergi keluar rumah khusus untuk keperluan penting seperti ke pusat perbelanjaan.

Meski wajib meminimalisir aktivitas di luar rumah, kamu tetap bisa rutin menikmati udara di luar rumah. Contohnya senam di teras rumah sambil menikmati udara pagi dan berjemur di bawah matahari. Kegiatan ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat pikiranmu lebih segar.

Atur Rutinitas yang Mendukung Hidup Sehat. Agar kondisi tubuh tetap sehat, kamu harus bisa mengatur dan mempertahankan rutinitas. Misal, setiap pagi kamu terbiasa bangun di jam 6, lalu mandi dan sarapan. Di jam 8 pagi kamu juga terbiasa mengerjakan pekerjaan kantor. Nah, rutinitas seperti ini usahakan tetap dilakukan.

Hindari bangun lebih siang dan malah sengaja menunda-nunda aktivitas yang harus dikerjakan. Sebab tanpa disadari, mengubah rutinitas jadi kurang produktif akan membuat kondisi tubuh ikut berubah. Termasuk menurunkan kerja metabolisme di dalam tubuh.

Jangan Lupa Perawatan Diri. Berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan jarang keluar rumah, serta jarang bertemu orang-orang sering membuat kita merasa malas untuk melakukan perawatan diri. Ditambah jika kamu berpikir hanya di rumah saja tidak akan mengotori wajah atau tidak membuatmu berkeringat sehingga melewatkan kegiatan merawat diri. Usahakan tetap rutin merawat diri, memperhatikan kesehatan tubuh luar dan dalam.

Lakukan Hal-Hal yang Disukai. Cara terakhir ialah dengan lakukanlah hal-hal yang kamu sukai. Tentu kegiatan yang bisa dilakukan ini cukup terbatas. Namun kamu bisa mempelajari hal-hal yang sebelumnya belum pernah kamu pelajari. Misalnya belajar berkebun, memasak, menjahit, hingga hal lainnya yang cocok dengan minatmu.

Melakukan hal-hal yang disukai akan mengurangi rasa jenuh dan menstabilkan emosi. Kamu bisa melibatkan anggota keluarga atau orang terdekat untuk melakukannya bersama-sama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode