Search
Generic filters
Exact matches only

Cara Menumbuhkan Minat Baca

0
8 months ago

Minat masyarakat di Indonesia terhadap literasi masih memprihatinkan. Menurut data statistik UNESCO tahun ini, dari total 61 negara, Indonesia menempati posisi ke 60 dengan tingkat literasi rendah. Thailand menempati peringkat 59 sedangkan peringkat terendah diduduki oleh Botswana. Hal ini juga dapat dikaitkan dengan kurangnya perhatian masyarakat dalam bidang tulis-menulis, khususnya di bidang akademik dan sastra. Kesalahan penulisan mencakup banyak sisi, dari penulisan kalimat yang efektif sampai ke penggunaan kata baku yang masih keliru pengejaannya. Sering ditemui kesalahan baik pada lingkup kecil, sampai pada media yang sepatutnya menyajikan informasi dengan bahasa yang formal dan kata yang baku. Misalnya pada penulisan “ubah” yang masih sering ditulis “rubah”, atau “silakan” yang masih sering ditulis “silahkan”. Meski terkesan sepele, namun penggunaan kata baku sebaiknya dibiasakan, guna melestarikan bahasa Indonesia yang merupakan salah satu warisan budaya. Kata baku juga dibutuhkan tidak hanya di dunia sastra, namun juga di dunia pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. Masyarakat setidaknya dapat mengetahui bahwa beberapa kata yang sering ditulisnya sudah baku atau belum baku.

Oleh karena itu, perlu suatu tindakan yang bisa menumbuhkan minat baca pada diri sendiri karena  mempunyai  minat baca yang tinggi bukanlah bakat bawaan, melainkan bisa dipupuk perlahan-lahan. Perlu digaris bawahi bahwa membaca penting untuk meningkatkan kualitas diri sehingga ingin memulai kebiasaan baik tersebut pada diri sendiri. Berikut adalah beberapa tindakan agar membaca bisa menjadi kebiasaan baik bagi diri sendiri.

  • Menumbuhkan motivasi

Menanamkan pada diri sendiri bahwa dengan membaca pandangan kita menjadi terbuka atas hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui.

  • Membaca buku atau bacaan lain sesuai dengan tema yang diminati

Supaya tujuan untuk menumbuhkan semangat membaca tercapai, sebaiknya memilih buku atau bacaan dengan tema yang diminati.

  • Meningkatkan rasa ingin tahu

Mengunjungi perpustakaan atau toko buku bila diperlukan, hal ini bertujuan untuk menemukan ratusan buku dengan judul-judul serta sampul yang menarik. Bisa jadi hal itu akan menimbulkan rasa penasaran dan membuat ingin membacanya.

  • Menyisihkan waktu

Dengan kita menyisihkan beberapa menit setiap hari tidak hanya sebagai latihan untuk meningkatkan minat baca, tetapi juga investasi untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode