Search
Generic filters
Exact matches only

Cara Sederhana untuk Hilangkan Cegukan

0
6 months ago

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan cegukan terjadi. Hampir semua orang pernah mengalami hal yang satu ini. Biasanya cegukan terjadi saat sedang makan ataupun secara tiba-tiba begitu saja. Cegukan terjadi ketika adanya kontraksi otot diafragma terjadi secara tiba-tiba. Saat cegukan, seringkali beberapa orang menganjurkan untuk menghentikan cegukan dengan cara yang berbeda-beda. Sebenarnya cegukan dapat menghilang dengan sendirinya. Namun, bagi sebagian orang cegukan justru dapat mengganggu jika tidak segera menghilang. Lalu adakah cara untuk menghilangkan cegukan dengan segera?

Menurut mitos yang beredar, cegukan bisa dihilangkan dengan mengejutkan orang yang cegukan. Belum ada penelitian yang mengatakan kalau cara tersebut terbukti benar. Namun, jika anda ingin mengatasi cegukan bisa mencoba hal-hal berikut.

Menahan napas. Dengan menahan nafas selama beberapa detik dapat menghilangkan cegukan, karena hal ini dapat membuat kadar karbondioksida di dalam tubuh bertambah.

Bernapas di dalam kantong plastik atau kertas. Jika menahan napas terasa sulit, cara yang satu ini dapat menjadi alternatif. Kantong plastik atau kertas dapat membuat karbondioksida yang dikeluarkan dihirup kembali agar kadar karbondioksida dalam tubuh meningkat.

Mengatur pernapasan. Aturlah pernapasan agar oksigen dan karbondioksida bisa masuk kedalam tubuh dengan kadar yang tepat.

Usap tenggorokan dengan es batu. Es batu dapat membantu menghilangkan cegukan dengan mengusapkan es batu pada tenggorokan secara perlahan. Tujuannya agar saraf menjadi lebih rileks dan cegukan akan segera hilang.

Minum air hangat. Meminum air hangat dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh dan oksigen sehingga kebutuhan oksigen di dalam tubuh terpenuhi. Air hangat dapat diminum lalu tahan nafas dengan posisi tubuh membungkuk selama beberapa detik lalu kembalikan posisi tubuh kembali dalam keadaan tegap sambil tetap menahan napas. Kemudian telan air hangat dan bernapas kembali seperti biasa.

Menjulurkan lidah. Dengan menjulurkan lidah dapat merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf tersebut dapat mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan dan dapat mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma sehingga cegukan dapat hilang.

Mengulum dan menelan gula. Gula dapat merangsang otot diafragma sehingga membuat cegukan berhenti. Ambil gula sebanyak satu sendok teh lalu kulum gula di dalam mulut selama 5 menit.

Itulah cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan. jika cegukan berlangsung lama, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode