Search
Generic filters
Exact matches only

Cedera-Cedera ini Sering Kali Menyerang para Pemain Basket

0
6 months ago

Olahraga basket merupakan olahraga yang melibatkan kontak fisik. Olahraga ini menuntut para pemainnya untuk terus bergerak cepat, melakukan lompatan-lomatan tinggi, beradu badan untuk saling merebut bola rebound, serta harus mengerem dan berbalik dengan cepat untuk menyerang dan ebrtahan. Para pemain ini pun tak jarang terlibat benturan. Hal ini pula yang mengakibatkan para pemain tersebut rentan terkena resiko cedera.

Inilah beberapa cedera yang acap kali menyerang para pemain basket. Yuk, disimak!

  1. Anterior Cruciate Ligament

Cedera Anterior Cruciate Ligament atau yang biasa disebut ACL merupakan cedera yang cukup mengerikan yang sangat ditakuti para pemain basket. Tak hanya pemain basket, para atlet olahraga mana pun juga pasti sangat ingin menghindari cedera ini. ACL merupakan salah satu ligamen yang sering putus atau sobek pada lutut. Hal yang membuat cedera ini ditakuti para pemain basket adalah selain yang rasanya sakit banget, penyembuhan cedera ini memakan waktu yang cukup lama, bisa mencapai 6 bulan lebih!

Menurut para ahil, cedera ACL tidak dapat beregenerasi. Artinya, ketika terjadi kerusakan atau cedera, tubuh tak bisa memperbaikinya secara alami. Oleh sebab itu, operasi menjadi satu-satunya jalan untuk mengobati cedera ACL.

Selain disebabkan oleh kontak dengan lawan, cedera ini juga bisa disebabkan oleh non kontak. Contohonya seperti pergerakan yang cepat dari para pemain tersebut dan kesalahan posisi dalam mendarat saat setelah melompat. Hiih bikin ngilu yaa!

  1. Overuse

Cedera overuse juga merupakan cedera yang sering kali menyerang para pemain basket. Cedera ini disebabkan oleh ketegangan yang terus menerus pada suatu bagian tubuh hingga bagian tersebut rusak dan mulai terasa sakit disebut sebagai cedera overuse. Salah satu contoh cedera overuse adalah patellar tendinitis, atau “jumper’s knee”, yang dicirikan oleh rasa sakit pada tendon tepat di bawah tempurung lutut.

Beberapa pemain bola basket terlalu sering menggunakan tendon yang berada pada bahunya. Rotator dari bahu tersusun dari empat otot. Tendon yang melekatkan otot-otot tersebut ke tulang bahu bisa mengalami keradangan dan menimbulkan rasa sakit, terutama ketika jika terlalu sering melakukan aktivitas di atas kepala, seperti shooting.

  1. Traumatis

Cedera terakhir yang sering kali menyerang para pemain basket adalah cedera traumatis. Cedera traumatis disebabkan oleh gerakan tiba-tiba yang sangat kuat. Beberapa cedera traumatisyang sering terjadi dalam bola basket adalah cedera pada jari-jari tangan. Tingkat keseriusan cedera jari di mulai dari cedera minor pada ligamen yang menghubungkan antar tulang satudengan lainnya, sampai patah tulang jari. Contoh lain dari cedera traumatis adalah otot yangtertarik atau sobek.

Pada pemain bola basket, jenis cedera ini sering kali terjadi di otot besar padakaki. Untuk mencegahnya, lakukan stretching pada bagian paha dan betis dengan baik dan selalumemulai setiap latihan dengan pemanasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode