Search
Generic filters
Exact matches only

Cedera-Cedera yang Sering Kali Menyerang Para Pesepakbola

0
6 months ago

Para atlet sepak bola dituntut untuk terus menjaga kondisi fisik tubuhnya agar terus sehat dan bugar. Dengan tubuh yang sehat dan bugar para pemain sepak bola akan bisa menunjukkan performa yang gemilang selama di lapangan sehingga dapat memberikan prestasi kepada klub yang dibela. Di tengah jadwal pertandingan yang padat, para pemain sepak bola harus pintar-pintar dalam menjaga kondisi tubuhnya.

Walaupun telah menjaga kondisi tubuh mereka, para pemain ini juga tidak langsung bisa bebas dari cedera yang dapat menghantui mereka. Para pemain sepak bola tetap bisa terkena resiko cedera saat bermain di lapangan. Cedera ini bisa didapat dari otot yang ketarik saat berlari, bisa dari salah posisi jatuh, bisa dari takle pemain lawan, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah cedera-cedera yang rentan bisa menyerang para pemain sepak bola!

  1. Cedera Hamstring

Cedera hamstring merupakan cedera yang acap kali menyerang para pemain sepak bola. Bisa dibilang cedera ini pasti menyerang siapa pun pemainnya, bahkan seorang kiper sekalipun! Cedera hamstring merupakan kondisi tertariknya otot hamstring yang terletak di belakang paha. Selain tertarik, terdapat juga kasus cedera lainnya pada otot hamstring seperti terpelintir ataupun robek.

Hamstring itu sendiri merupakan tiga otot besar yang berfungsi menghubungkan otot dan tulang yang terletak di belakang paha, memanjang dari pinggul sampai bagian bawah lutut.

Angka kejadian cedera ini cukup sering menyerang para pemain sepak bola sehingga membuat cedera ini menjadi momok tersendiri buat para pemain sepak bola.

  1. Cedera ACL

Cedera ini merupakan cedera yang paling menakutkan dan paling dihindari oleh para pemain sepak bola. Betapa tidak? Karena cedera ini sungguh menyakitkan dan membutuhkan waktu yang lama untuk proses pemulihan. Operasi adalah jalan keluar untuk menyembuhkan cedera ini. Butuh waktu minimal 6 bulan pasca operasi untuk menyembuhkan cedera ini.

ACL sendiri adalah kepanjangan dari anterior cruciate ligament yang merupakan salah satu ligamen penahan persendian lutut. Cedera ini dapat terjadi saat kontak secara langsung maupun tidak langsung. Saat terjadi kontak secara langsung, biasanya cedera ini bisa terjadi karena takle dari pemain lawan. Saat kondisi kontak secara tidak langsung, cedera ini dapat terjadi karena salahnya posisi jatuh dari para pemain sepak bola.

  1. Cedera Ankle

Cedera ankle biasanya bisa disebut juga terkilir atau keseleo. Cedera ini pada umumnya menyerang ankle para pemain sepak bola, yaitu di bagian mata kaki atau pergelangan kaki. Sama seperti cedera hamstring, cedera ini juga merupakan cedera yang acap kali menyerang para pemain sepak bola dan menjadi momok sendiri buat mereka.

Cedera ini bisa diakibatkan oleh takle dari lawan maupun juga salah posisi saat jatuh. Walaupun begitu, cedera ini tidak terlalu parah dan hanya membutuhkan waktu yang sebentar, yaitu sekitar satu minggu dalam proses pemulihannya.

  1. Cedera Retak Hingga Patah Tulang

Walaupun jarang terjadi, cedera ini juga dapat menyerang para pemain sepak bola. Dari nama cederanya juga kalian bisa tau ya kalau cedera ini ya merupakan cedera patah tulang. Cedera ini juga cukup menjadi momok buat para pemain sepak bola karena sebagian besar yang terkena cedera ini, performa para pemain tersebut justru akan cenderung menurun.

Cedera ini biasanya terjadi akibat takle yang terlalu keras dari para pemain lawan. Cedera ini pernah menyerang ke beberapa pemain seperti Ramsey, Djibril Cisse, Eduardo, dan pemain lainnya.

  1. Cedera Kepala

Cedera yang terakhir adalah cedera kepala. Sama seperti cedera patah tulang, cedera ini juga jarang terjadi. Walaupun begitu, jika cedera ini sampai terjadi bisa sangat fatal buat para penderitanya. Cedera ini bisa saja melukai bagian luar kepala para pemain yang mengakibatkan keluarnya darah. Cedera ini juga bahkan bisa membuat retak pada tengkorak pemain dan mengakibatkan geger otak lho!

Petr Cech pernah mengalami cedera ini yang membuatnya harus selalu menggunakan pelindung kepala setiap dia bertanding.

Itulah cedera-cedera yang selalu menghantui para pemain sepak bola. Bikin ngeri dan ngilu cedera-cedera ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode