Search
Generic filters
Exact matches only

Cengkeh – Kuncup Bunga Kering Beraroma

0
6 months ago

Apakah kalian tau tujuan utama Belanda datang ke Indonesia dan berhasil menjajah NKRI selama 350 tahun? Iya, mereka datang ke Indonesia hanya untuk mencari hasil perkebunan, pertanian, perminyakan dan bahkan pertambangan dari hasil tanah jajahan mereka. Di tanah air tercinta kita indonesia, banyak sekali rempah-rempah berkualitas yang mampu dihasilkan. Salah satunya adalah cengkeh.  Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia, dan hanya ada di indonesia karena pertumbuhan pohon cengkeh membutuhkan iklim tropis lembab atau subtropis dengan curah hujan sedang. Cengkeh (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum) dalam bahasa Inggris disebut cloves, adalah kuncup bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Untuk menuai hasil dari perkebunan cengkeh dibutuhkan kesabaran yang lebih. Karena tanaman cengkeh baru dapat berproduksi pada umur 7 tahun. Setelah itu, produktivitasnya akan tinggi sejak berumur 10 tahun dan terus meningkat hingga berumur 30 tahun. Setelah berumur 30 tahun ke atas, cengkih akan mengalami penurunan produktivitas.

Perlu kalian ketahui bahwa tanaman ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan, selain dijadikan sebagai bumbu masakan dan bahan dasar pembuatan rokok kretek, tanaman ini juga memiliki manfaat yang luar biasa di dunia kesehatan. Karena banyak nutrisi yang terkandung dalam cengkeh. Satu sendok teh atau sekitar dua gram cengkeh, mengandung satu gram karbohidrat, dan serat dan energi sebesar 21 kalori. Selain itu cengkeh juga mengandung mangan, vitamin K, vitamin C, kalsium, magnesium, dan vitamin E.

Tanaman ini dapat dijadikan obat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi untuk mengobati peradangan dan infeksi, dapat mengobati tukak lambung atau yang sering kita kenal dengan sebutan asam lambung karena minyak esensial dalam cengkeh bisa meningkatkan produksi lendir lambung yang bisa menghalang asam lambung, dapat dijadikan obat pembunuh bakteri, dapat dijadikan obat untuk kelancaran pencernaan karena cengkeh akan merangsang sekresi enzim pencernaan mengurangi perut kembung mengatasi iritasi, dan manfaat lainnya adalah sebagai nutrisi untuk penguatan tulang, gigi dan sendi. Setelah mengetahui banyak sekali manfaat dari tanaman ini, maka banyak sekali warga negara Indonesia yang membudidayakan tanaman ini, terkhusus bagi warga negara Indonesia bagian timur seperti maluku, papua dan sulawesi. Hal ini dikarenakan suhu dan iklim pada daerah tersebut sangatlah mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode