Search
Generic filters
Exact matches only

Citeureup Menuju Mandiri Pangan, Ekonomi dan Energi Berbasis IoT

0
5 months ago

BANDUNG, Telkom University – Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik No.1 di Indonesia terus memberikan kontribusi kepada masyarakat salah satunya yaitu penyelenggaraan program Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Kelompok Keahlian Rekayasa Instrumentasi dan Energi Program Studi S1 Teknik Fisika Telkom University di Desa Citeureup.

Acara diselenggarakan pada Sabtu (03/04) dengan skema Community Service Engagement (CSE) yang mengusung tema ‘Sivitas Akademika Teknik Fisika bersama Masyarakat Desa Citeureup untuk Mandiri Pangan, Ekonomi dan Energi Berbasis Internet of Things (IoT)’. Kegiatan ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa yang sebelumnya terlibat pada Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Innovillage tahun 2020 dan bekerja sama dengan 15 Karang Taruna dan 15 orang ibu-ibu PKK RW 06 Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Dr. Eng. Amaliyah, R.I.U.S.T., M.Si. selaku penanggung jawab pada kegiatan ini menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Telkom University kepada masyarakat sekitar khususnya RW 06 Desa Citeureup. Kegiatan ini dibagi menjadi 6 tim yang menghasilkan inovasi antara lain Panel Surya dan IoT, Teknologi Air Bersih, Teknologi Kebersihan dan Kesehatan (Sabun Ramah Lingkungan), Teknologi Budidaya Ikan Air Tawar, Teknologi Pengolahan Limbah dan Teknologi Hidro/Aquaponik.

“Berdasarkan roadmap yang kami buat, rencananya pengembangan dari inovasi ini akan dilakukan kurang lebih tiga tahun dan ini merupakan tahun yang pertama. Untuk tahun berikutnya Insha Allah lebih ke bagaimana produk yang dihasilkan dari pengabdian masyarakat ini akan dipasarkan,” ucap Amaliyah.

Amaliyah juga mengatakan bahwa kedepannya, pada program ini akan terus dilakukan monitoring sampai tujuan dari pengabdian masyarakat ini tercapai yaitu terciptanya masyarakat yang mandiri. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masarakat di lingkungan sekitar institusi

“Melalui kegiatan ini Insha Allah akan membuka peluang untuk para dosen berkolaborasi baik dari internal maupun eksternal. Selain itu, untuk mahasiswa yang terlibat pada kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah dengan terjun langsung di masyarakat.”

BANDUNG, Telkom University – Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik No.1 di Indonesia terus memberikan kontribusi kepada masyarakat salah satunya yaitu penyelenggaraan program Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Kelompok Keahlian Rekayasa Instrumentasi dan Energi Program Studi S1 Teknik Fisika Telkom University di Desa Citeureup. Acara diselenggarakan pada Sabtu (03/04) dengan skema Community ServiceRead MoreTelkom University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode