Search
Generic filters
Exact matches only

Closing Ceremony ICC 2021 and International Webinar

0
1 month ago

BANDUNG, Telkom University – Telkom University melalui International Class Academic Office (ICAO) menyelenggarakan International Creativity Competition 2021 and International Webinar dengan tema ‘Creativity Without Limits’. Kompetisi ini diselenggarakan untuk mahasiswa diploma dan sarjana semua jurusan di seluruh dunia. Terdapat dua kategori pada kompetisi ini yaitu News Casting dan Photography.

Closing Ceremony acara ini dilaksanakan secara online melalui ZOOM Meeting dan disiarkan secara langsung melalui Youtube Channel Telkom University pada Jumat (11/06) dengan menyelenggarakan International Webinar. Mengusung tema ‘Art in Photography International Webinar ini menghadirkan pembicara yaitu Dr. Mohd Asyiek bin Mat Desa selaku Dosen School of the Arts Universiti Sains Malaysia (USM).

Dr. Mohd Asyiek menjelaskan mengenai art direction, yaitu alat penting dalam setiap proyek komunikasi visual. Art Direction adalah cara kita membangun estetika tertentu untuk suatu tujuan.

Art Direction adalah tentang menyajikan konten kepada sekelompok orang dengan menciptakan pengalaman berbasis komunikasi,” jelasnya.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam melakukan fotografi. Pertama, pahami ide Anda. Habiskan waktu untuk mempelajari konsep tersebut, menyelami lebih dalam dan masuk ke sana. Pahami cerita awal, pesan dan ide spesifik. Kedua, Rencanakan pemotretan Anda. Cari tempat dan waktu terbaik untuk memotret, peralatan, dan kemungkinan pemotretan untuk memberikan hasil yang baik. Ketiga, Carilah inspirasi. Pinterest, Behance dan platform media sosial lainnya adalah situs hebat untuk mengumpulkan inspirasi bagi kreatif baru. Inspirasi ini dapat mendorong kreativitas dengan mengambil langkah lebih maju daripada contoh-contoh untuk dikonsumsi di web. Keempat, Lokasi yang sempurna. Cobalah untuk mendapatkan setiap ‘hidden gem’ di sekitar kita. Kelima, Model yang sempurna. Berdasarkan riset, identifikasi estetika dalam sebuah model. Keenam, Ketahui pencahayaan Anda. Memotret orang, makanan, atau objek, semuanya terlihat lebih baik dengan cahaya yang bagus. Saat matahari terbit dan terbenam, cahaya yang dihasilkan akan hangat dan indah pada subjeknya. Pencahayaan langsung bisa keras dan menciptakan bayangan serta pencahayaan yang tidak merata. Untuk pemotretan di dalam ruangan, pastikan menyiapkan lampu tambahan untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Ketujuh, Jadikan foto tersebut berhubungan. Tujuannya adalah untuk menangkap bidikan candid, segala sesuatunya harus terlihat organik. Kaitkan subjek dengan tema yang dituju.

Dr. Mohd Asyiek juga mengatakan bahwa estetika adalah salah satu hal besar dalam fotografi. Hal yang perlu diperhatikan pada estetika dalam fotografi yaitu kualitas gambar dan foto yang bagus. Selain itu, foto yang tidak sempurna akan terlihat lebih indah karena terkesan natural.

“Filosofi estetika dan keindahan dalam fotografi yaitu segala sesuatu yang kita buat dan desain menggunakan manusia sebagai hakim tertinggi keindahan. Ketika kita memikirkan desain perawatan, mode, objek, vas, arsitektur, kita pada dasarnya memodelkan kecantikan ideal kita setelah tubuh manusia.”

Berbicara tentang kualitas gambar, kita benar-benar bermaksud berbicara tentang estetika. Pilihan estetika setiap orang berbeda. Tetapi berusahalah untuk menempati suatu lingkungan, atau merancang lingkungan yang sesuai dengan selera estetika diri sendiri.

BANDUNG, Telkom University – Telkom University melalui International Class Academic Office (ICAO) menyelenggarakan International Creativity Competition 2021 and International Webinar dengan tema ‘Creativity Without Limits’. Kompetisi ini diselenggarakan untuk mahasiswa diploma dan sarjana semua jurusan di seluruh dunia. Terdapat dua kategori pada kompetisi ini yaitu News Casting dan Photography. Closing Ceremony acara ini dilaksanakan secaraRead MoreTelkom University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode