Search
Generic filters
Exact matches only

Colenak Murdi Putra, Camilan Tradisional Khas Sunda yang Melegenda

0
8 months ago

Ilustrasi Foto: Colenak by @fridajoincoffee

Colenak merupakan camilan tradisional khas sunda yang berbahan dasar tapai singkong bakar (peyeum) dicampur gula aren serta parutan kelapa. Paduan rasa tapai singkong bakar yang gurih dan campuran adonan gula aren serta parutan kelapa menghasilkan sensasi khas rasa manis yang lezat di mulut.

Salah satu warung colenak di Bandung yang masih digemari adalah Colenak Murdi Putra. Konon, nama colenak sendiri diberikan oleh pelanggan dari kaum ningrat jaman dulu dengan bahasa sunda yang merupakan kependekan dari dicoel-coel enak.

Colenak Murdi Putra ini pernah menjadi hidangan ringan saat Konferensi Asia Afrika (KAA) digelar di Bandung pada 1955 silam.

Lokasi warung legendaris ini terletak di Kawasan Cicadas Bandung tepatnya di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 733, Kota Bandung. Dari sana, Pak Murdi kala itu mengawali jualan colenak.

Pada saat itu, varian colenak hanya menyediakan satu macam colenak rasa original yang dikemas dengan bungkus daun pisang. Hingga kini, warung colenak tersebut sudah mewarisi hingga generasi ketiga yang telah berinovasi dengan rasa yang beragam yakni rasa durian dan nangka.

Masing-masing varian rasa diberi kemasan yang berbeda supaya lebih memudahkan penciriannya. Kemasan ijo untuk rasa orginal, kemasan merah untuk rasa durian, dan kemasan oranye untuk rasa nangka.

Ilustrasi Foto by @colenakmurdi

Selain itu, Warung Colenak Murdi Putra tak hanya berjualan colenak saja. Tapi juga aneka makanan ringan, jajanan pasar, dan bermacam oleh-oleh khas Bandung sekitarnya. Colenak Murdi sangat cocok dinikmati kapan saja. Bagi yang kurang suka rasa manis, anda juga bisa menyantap kuliner ini dengan menyeruput segelas teh pait dan kerupuk. Mantap!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode