Search
Generic filters
Exact matches only

Corona Diprediksi Akibatkan Perubahan Dunia Teknologi dan Sains!!

0
8 months ago

Seperti yang semua kalian tau kalau saat ini dunia sedang dilanda wabah pandemi Corona. Pandemi Corona ini diprediksikan akan mengubah semua kehidupan manusia diberbagai sektor, terutama dunia teknologi dan sains.

Perubahan pada dunia sains dan teknologi yang akan terjadi tersebut dikemukakan oleh beberapa pakar sains dan teknologi saat dimintai pendapat dan analisanya oleh majalah politik online asal Amerika, Polito.com.

Berikut ini pembahasannya:

  1. Kehancuran aturan baku yang menahan adanya cara online

Berdasarkan penjelasan dari Katherine Mangu-Ward, pemimpin readaksi dari majalah Reason, wabah corona yang melanda ke berbagai negara di dunia ini mengharuskan membuat orang beralih semua ke online dalam aktivitas kesehariannya. Aturan-aturan birokrasi yang selama ini mewajibkan untuk bertatap muka antara masyarakat, pemerintah, atau pihak tertentu tidak bisa lagi dilakukan.

Salah satu contohnya yang saat ini terjadi adalah sekolah. Program belajar seperti homeschooling dan e-learning selama ini terbentur oleh masalah birokrasi. Dengan terjadinya wabah corona saat ini, pemerintah tidak bisa lagi menahan untuk hadirnya program pendidikan jarak jauh. Beberapa layanan publik dari pemerintah pun saat ini sudah dibuat online sepenuhnya di beberapa negara.

  1. Sehatnya kehidupan digital

Profesor asal MIT Amerika Serikat, Profesor Sherry Turkle memberikan analisa jika wabah corona ini akan membuat kehidupan digital akan menjadi lebih sehat.

Pada jaman sekarang orang-orang hampir diseluruh dunia menghabiskan waktunya dengan bermain gadget. Akibat dari pandemi virus corona ini orang-orang yang menghabiskan waktunya dengan gadget akan mulai berpikir untuk mencari manfaat yang lebih baik dari gadget yang mereka gunakan. Untuk contohnya, sebelumnya kita melihat kalau Chris Martin, lead vocal dari band kenamaan Coldplay mengadakan live konser melalui instagramnya untuk menghibur para fansnya. Lalu ada majalah narasi asal Indonesia yang mengadakan konser live dilaman Instagram mereka dengan dibintangi para penyanyi seperti Pamungkas dan Ardhito Pramono untuk menghibur masyarakat Indonesia.

Banyak juga para pakar yoga yang memberikan kelas online gratis dan hal sejenisnya. Menurut penuturan Sherry Turkle, jika hal ini akan berlanjut terus, bukan tidak mungkin akan mewariskan kebiasaan baru yang positif di masa depan.

 

  1. Bangkitanya era telemedicine.

Era yang sudah maju seperti saat ini, membuat segalanya terintegrasi secara online, begitu pula pada dunia kedokteran. Wabah corona ini menjadi titik balik awal kebangkitan eranya telemedicine. Hal tersebut berdasarkan pendapat yang dijelaskan oleh Kepala departemen etika kedokteran dan kebijakan kesehatan Universitas Pennsylvania, Ezekiel J Emanuel. Klinik remote telah menggantikan klinik konvensional yang telah kewalahan menghadapi pandemi virus corona.

Pasien yang sakit, bisa tetap menjaga diri dan tetap mengisolasi dirinya di rumahnya sendiri dengan melakukan konsultasi melalui video call dengan dokter tanpa harus menunggu di ruang tunggu. Selain itu hal ini juga membuat pasien yang sakit jauh dari pasien lainnya sehingga tidak bisa menulari virus.

Berbagai macam aplikasi kedokteran saat ini sudah ada dan menawarkan konsultasi online dengan dokter yang bersertifikasi resmi secara, salah satu aplikasi yang ada saat ini dan sedang populer adalah Halodoc. Resep dan obat bisa dikirim dengan kurir langsung ke rumah pasien. Yang menjadi kekurangannya mungkin adalah dokter tidak bisa memeriksa pasiennya secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode