Search
Generic filters
Exact matches only

Cuman 30 Menit! Ilmuwan Inggris Kembangkan Alat Tes Cepat Virus Corona

0
8 months ago

Tim Ilmuwan Inggris yang terdiri dari Brunel University London, Lancaster University, dan University of Surrey mengembangkan jenis tes baru dalam mendeteksi virus Covid-19 atau yang biasa kita kenal Corona.

Pada saat proses pengujian virus Corona, untuk mendapatkan hasilnya biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tim ilmuwan asal Inggris ini mengembangkan alat portable yang dapat mendeteksi virus Corona pada manusia hanya dalam waktu 30 menit. Alat portable ini harganya dibandrol cukup murah, hanya £ 100 (sekitar $ 120 USD). Satu alat bisa digunakan untuk menguji enam orang sekaligus, dan sekali tes hanya cukup membayar $ 5 per orang. Tim ilmuwan ini saat ini sedang mencari dana dan bantuan untuk memproduksinya secara massal secepat mungkin.

Tes ini tentunya memerlukan ijin persetujuan dari badan pengawas kesehatan seperti Food and Drug Administration (FDA) untuk mulai digunakan dan didistribusikan secara aktif, tetapi para peneliti tersebut cukup yakin kalau mereka akan mendapatkan respon yang baik.

“Tim kami sangat percaya dengan keahlian kami, kami bisa membuat perangkat ini dan sistem terkaitnya tersedia untuk digunakan dalam beberapa minggu dan mengambil satu langkah lebih maju untuk mengalahkan COVID-19,” kata molecular virologist di Lancaster University, Muhammad Munir.

Alat ini sendiri dioperasikan dengan menggunakan baterai dan terhubung ke aplikasi smartphone untuk menampilkan diagnosanya. Cara kerjanya dengan mengambil sampel swab dari hidung atau tenggorokan, kemudian sampel tersebut dimasukkan ke alatnya.

Para tim ilmuwan ini juga berencana untuk menambahkan fitur lainnya seperti tele-medicine di aplikasi bawaannya, sehingga perangkat ini bisa digunakan oleh orang yang sedang mengisolasi diri untuk melakukan tes ini secara mandiri dan  nanti data tersebut akan dikirim ke organisasi kesehatan atau ahli kesehatan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode