Search
Generic filters
Exact matches only

Daftar Atlet Badminton Tunggal Pria Terbaik Sepanjang Sejarah

0
6 months ago

Olahraga badminton atau yang biasa disebut juga dengan bulu tangkis, merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di dunia. Olahraga ini bahkan menjadi salah satu cabang olahraga yang sudah dipertandingkan di olimpiade sejak tahun 1992 di Barcelona, Spanyol.

Bulu tangkis memiliki 5 jenis pertandingan yang berbeda yang terdiri dari tunggal putra, ganda putra, tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Dari tunggal putra sendiri, bulu tangkis sudah menghadirkan berbagai atlet terbaik sepanjang sejarah yang telah memenangi berbagai gelar juara dunia. Berikut ini adalah atlet-atlet tersebut!

  1. Rudy Hartono

Rudy Hartono adalah atlet bulu tangkis tunggal putra asal Indonesia. Rudy merupakan atlet bulu tangkis terbaik sepanjang sejarah.

Selama karirnya, atlet kelahiran surabaya ini telah meraih sekali World Championships, sekali juara olimpiade, 4 kali juara Thomas Cup, sekali juara Asian Games, dan 16 kali juara Grand Prix.

  1. Liem Swie King

Liem Swie King adalah pemain bulu tangkis selanjutnya yang merupakan salah satu yang terbaik sepanjang sejarah. Liem Swie King merupakan salah satu tulang punggung Indonesia saat mendominasi bulu tangkis di akhir 70an hingga pertengahan 80an. Pemain ini dikenal dengan jump smash yang sangat mematikan.

Sepanjang karirnya Liem Swie King telah meraih 5 kali World Cup, 3 kali Thomas Cup, 2 kali Asian Games, 9 kali Sea Games, dan 10 kali Grand Prix.

  1. Hariyanto Arbi

Atlet selanjutnya dalam daftar ini adalah Hariyanto Arbi. Hariyanto Arbi menjadi salah satu dari generasi emasi tunggal utra Indonesia saat mendominasi bulu tangkis di awal tahun 90an. Hariyanto Arbi dikenal dengan jump smashnya yang sangat tajam, keras, dan terarah. Hariyanto Arbi juga disebut sebagai pemiliki smash 1000 watt.

Sepanjang karirnya Hariyanto Arbi telah meraih sekali World Championships, sekali World Cup, 4 kali Thomas Cup, 2 kali Asian Games, 3 kali Sea Games, dan 12 kali Grad Prix.

  1. Lin Dan

Di daftar selanjutnya tidak sah jika tidak memasukkan atlet asal China, Lin Dan. Bisa dibilang Lin Dan merupakan atlet terbaik bulu tangkis sepanjang sejarah sekaligus atlet bulu paling sukses di dunia! Betapa tidak? Total ada 81 gelar juara yang telah diraih Lin Dan Sepanjang karirnya. Yang lebih gila lagi, di usianya yang sudah menginjak 36 tahun Lin Dan masih aktif bermain dan bahkan selalu mendapat gelar juara di tiap tahun keikutsertaannya!

Sepanjang karirnya, Lin Dan telah sukses meraih  2 kali Olimpiade, 5 kali World Championships, 2 kali Asian Games, 2 kali World Cup, 4 kali Asia Championships, 2 kali BWF World Tour, 21 kali BWF Super Series, 10 kali BWF Grand Prix, 18 kali BWF International Series, 6 kali Thomas Cup, 5 kali Sudirman Cup, 3 kali Asian Games, dan sekali East Asian Games. Banyak banget ya gelar Lin Dan!

  1. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat juga merupakan salah satu atlet tunggal putra bulu tangkis terbaik di Indonesia sekaligus di dunia. Taufik Hidayat merupakan salah satu atlet paling berbakat sepanjang sejarah dalam dunia badminton. Taufik Hidayat sendiri merupakan rival abadi sekali bebuyutannya Lin Dan. Taufik Hidayat juga disebut-sebut sebagai fantastic fournya badminton bersama Lindan, Lee Chong Wei, dan Peter Gade.

Sepanjang karirnya, Taufik Hidayat telah meraih sekali Olimpiade, sekali World Championships, 2 kali Thomas Cup, 3 kali Asian Games, 3 kali Asian Championships, 5 kali Sea Games, sekali BWF Superseries, dan 17 kali Grand Prix.

  1. Chen Long

Chen Long adalah atlet terakhir dalam daftar ini. Chen Long bisa disebut adalah sosok pengganti Lin Dan. Chen Long tak kalah suksesnya dengan pendahulunya Lin Dan.

Sama seperti Lin Dan, sepanjang karirnya Chen Long telah meraih semua gelar yang tersedia. Chen Long telah sukses meraih sekali Olimpiade, 2 kali World Championships, 5 kali Sudirman Cup, 3 kali Thomas Cup, 2 kali Asian Games, sekali Asian Championships, 2 kali East Asian Games, 2 kali BWF World Tour, 20 kali BWF Superseries, dan 5 kali Grand Prix.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode