Search
Generic filters
Exact matches only

Dari Berenang di Kolam Renang Alami Hingga Berkemping, Wediombo Jawabannya

0
5 months ago

Pantai pasir putih memang lebih menarik daripada yang berpasir hitam, namun ternyata ada beberapa hal lain yang membuat pantai itu menjadi lebih menarik, salah satunya adalah laguna. Tidak semua pantai memiliki laguna atau kolam renang alami. Salah satu contohnya adalah Pantai Wediombo, Gunung Kidul yang memiliki kolam alami yang terbentuk dari karang-karang besar. Kolam ini berada di pinggir pantai yang hanya dibatasi oleh karang-karang besar dari laut lepas. Air laut saat ombak tinggi menerjang akan terperangkap oleh cekungan yang dikelilingi karang-karang besar ini. Cekungan tersebut memiliki kedalaman 1,5 m sehingga sangat tepat sekali bila disebut kolam renang. Pengunjung bisa menikmati indahnya alam sambil berenang atau hanya sekedar berendam di kolam renang tersebut karena airnya cukup tenang dan sangat jernih. Namun ketika air laut pasang tidak disarankan untuk berenang karena ada karang yang bercelah sehingga dapat mengakibatkan siapapun bisa terseret ke laut lepas.

Apabila tidak berenang ada beberapa alternatif kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pantai Wediombo seperti bisa memancing karena di area tersebut banyak ikan laut (tenggiri, cucut, kerapu, dan ikan kakap batu), ada banyak spot foto indah yang sayang apabila tidak diabadikan lewat foto dan gambar, dan apabila bosan dengan pemandangan di atas lautnya, spot bawah lautnya juga sangat mengagumkan, bagi para pecinta snorkeling pasti tidak akan kecewa.

Pantai dengan kolam alami ini lebih tepatnya terletak di Jepitu, Girisubo, Pendowo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak antara stasiun Yogyakarta dengan pantai ini sejauh 76 km yang memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Tidak perlu khawatir kemalaman untuk mengunjungi pantai ini karena banyak penginapan di sekitarnya. Selain penginapan banyak juga yang berkemah di sana karena memang tersedia camping area. Meskipun demikian, pantai ini sedikit terpinggirkan dan kalah pamor dengan pantai-pantai di Yogyakarta yang lain karena letaknya yang cukup jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode