Search
Generic filters
Exact matches only

Delapan film anak Indonesia yang bisa ditonton bareng keluarga

0
6 months ago

Menonton film bersama keluarga merupakan hiburan yang menyenangkan dilakukan bersama. Film bisa memberikan pengaruh positif dan negatif saat menonton sehingga dibutuhkan pengawasan oleh orang tua dan memilih tontonan sesuai umur mereka. Setiap orang tua menginginkan tontonan film yang layak dan mendidik bagi anaknya. Berikut film anak Indonesia yang bisa ditonton bareng keluarga untuk semua umur.

1. Petualangan Sherina

Petualangan Sherina telah menjadi tontonan wajib bagi anak-anak Indonesia di tahun 2000an. Petualangan Sherina adalah film komedi musikal untuk semua umur yang disutradarai oleh Riri Riza. Film ini bercerita tentang Sherina sedih harus berpindah ke Bandung mengikuti ayahnya. Di sekolah baru, Sherina bertemu dengan Sadam, anak laki-laki yang selalu mengganggu anak-anak di sekolah tersebut.

Tapi saat dirumah ternyata Sadam adalah anak yang manja. Seiring berjalannya waktu permusuhan mereka berubah jadi persahabatan ketika keduanya diculik oleh Pak Raden. Film ini mengajarkan kita untuk selalu berjuang saat berada di kesulitan, persahabatan yang kuat dan berteman tanpa memandang status sosial.

2. Laskar Pelangi

Film ini diangkat dari novel pertama Andrea Hirata yaitu Laskar Pelangi yang kembali disutradarai oleh Riri Riza. Laskar Pelangi dirilis pada 26 September 2008 lalu. Film ini menceritakan kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan. Laskar Pelangi merupakan kisah nyata dari seorang anak yang bernama Ikal atau Andrea Hirata. Film ini memiliki banyak pesan yang dapat diambil contohnya perjuangan hidup dan cita-cita walaupun banyak keterbatasan.

3. Garuda di Dadaku

Garuda di Dadaku bercerita tentang anak laki-laki bernama Bayu yang mengejar impiannya menjadi seorang pemain sepak bola hebat. Ia diam-diam berlatih sepak bola dengan temannya meskipun kakeknya selalu menentangnya. Film ini rilis pada 18 Juni 2009 dan disutradarai oleh Ifa Isfansyah.

4. Tendangan dari Langit

Seperti film Garuda di Dadaku, film ini mengangkat cerita sepak bola. Tendangan dari Langit mengisahkan Wahyu yang terlahir dari keluarga sederhana yang tinggal di lereng Gunung Bromo. Ia ingin mengejar impiannya untuk menjadi pemain sepak bola terkenal di Indonesia demi membahagiakan ayah dan ibunya. Kisah romantis Wahyu dan Indah juga seru untuk diikuti. Film ini dirilis pada 26 Agustus 2011 dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

5. Hafalan Shalat Delisa

Hafalan Shalat Delisa diangkat dari novel laris karya Tere Liye dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan tentang Tsunami di Aceh 26 Desember 2004, Delisa, gadis kecil periang mengalami tsunami sehingga ia kehilangan kaki kanan dan ketiga kakaknya telah meninggal.

Setelah kejadian tsunami terjadi, delisa bahagia masih bisa bertemu dengan ayahnya tapi ummi belum ketahuan ada dimana. Film ini mengajarkan kita bagaimana kesedihan bisa menjadi kekuatan untuk bertahan. Delisa mencoba memahami apa itu ikhlas, mengerjakan tanpa mengharap balasan.

6. Kulari ke Pantai

Di tahun 2018, Riri Riza kembali sebagai sutradara di Kulari ke Pantai bersama rumah produksi Miles Films. Film ini bercerita tentang Sam, sia anak pantai asal Rote-NTT dan ibunya ,Uci, akan melakukan perjalanan darat berdua saja dari Jakarta ke Banyuwangi untuk menemui surfer idola Sam di pantai G-Land. Tapi sehari sebelum keberangkatan, sepupu Sam yaitu Happy memiliki sifat yang tidak baik, dihadapan banyak orang ia merendahkan Sam. Ibu Happy meminta kepada Sam dan Uci agar Happy bisa ikut dalam perjalanan mereka. Ibu Happy berharap agar Happy bisa mengenal dan menghargai sepupunya lebih baik. Perbedaan keduanya membuat perjalanan darat dengan mobil menjadi penuh tantangan dan tidak terencana.

7. Koki-Koki Cilik

Koki-koki Cilik adalah film drama anak Indonesia yang dirilis pada 2018 dan disutradarai oleh Ifa Isfansyah. Film pertama anak Indonesia yang bertema memasak. Melalui film ini diharapkan menginspirasi anak-anak yang ingin menjadi chef cilik. Film ini bercerita tentang Bima dari keluarga tidak mampu berhasil ikut dalam acara Cooking Camp, sebuah acara kemping memasak yang sangat bergengsi dan mahal. Selama perjuangannya disana ia memiliki banyak teman-teman. Bima bertemu dengan Rama, seorang mantan chef yang mengasingkan diri. Awalnya terganggu dengan kehadiran Bima. Tetapi seiring berjalannya waktu menjadi baik dan bersedia mengajarkan Bima memasak.

8. Keluarga Cemara

Keluarga Cemara merupakan film keluarga yang diadaptasi dari cerita bersambung di majalah Hai dan sinetron yang berjudul sama. Film di tahun 2019 ini disutradarai oleh Yandy Laurens. Keluarga Cemara berkisah Abah seorang kepala keluarga, mencoba bertahan hidup setelah rumah dan hartanya disita oleh debt collector untuk membayar hutang perusahaan yang disebabkan oleh kakak iparnya, dengan cara pindah ke rumah di desa terpencil di Jawa Barat. Tetapi ia menghadapi kesulitan karena kasusnya kalah di pengadilan dan keluarganya terancam selamanya hidup dalam kemiskinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode