Search
Generic filters
Exact matches only

Depresi Melanda, Coba Ubah Gaya Hidup Anda

0
6 months ago

Depresi merupakan sebuah gangguan psikis yang ditandai dengan kesedihan, kekhawatiran, ketakutan, kesepian, keputusasaan, dan kekosongan yang mendalam. Pada umumnya depresi lebih banyak terjadi pada wanita karena wanita memiliki sifat yang lebih perasa dan lebih sering mengalami perubahan hormon, misalnya ketika menstruasi atau hamil. Depresi dapat mempengaruhi seluruh aspek hidup seseorang dalam sehari-hari dan penghalang seseorang memperoleh kebahagiaan. Beberapa faktor yang menyebabkan depresi ada beberapa macam, seperti pernah mengalami peristiwa traumatis, memiliki penyakit kronis atau serius, mengkonsumsi jenis obat tertentu, memiliki riwayat gangguan mental, dan tidak bisa mengelola stres dengan baik.

Walaupun depresi bukan tergolong penyakit yang mematikan tetapi apabila terlambat dalam menanganinya akan menjadi sangat berbahaya. Berikut adalah penanganan dengan mengubah gaya hidup agar depresi bisa dikelola bahkan dihindari.

  • Bergerak lebih aktif

Bergerak dapat membantu seseorang untuk memperlancar aliran darah. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan agar membuat tubuh tetap bergerak, seperti melakukan olahraga ringan, bermain dengan hewan peliharaan, berkebun, memasak, atau melakukan hobi yang membutuhkan gerak lainnya.

  • Meditasi

Meditasi dapat membantu menenangkan pikiran seseorang. Jika pikiran tenang maka kecemasan, kekhawatiran, ketakutan, dan perasaan-perasaan negatif lainnya juga akan berangsur-angsur hilang.

  • Membuat to-do list

Membuat daftar yang berisi kegiatan-kegiatan yang harus dikerjakan akan membantu seseorang menjadi lebih produktif dan mempunyai manajemen waktu yang baik. Jika mempunyai manajemen waktu yang baik, maka akan menurunkan resiko depresi.

Acara komedi dapat membantu seseorang untuk memperbaiki suasana hati, selain acara komedi, meme atau cerita-cerita lucu juga dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa depresi dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi makanan-makanan  yang banyak mengandung nutrisi karena makanan tersebut baik untuk kesehatan mental. Makanan-makanan tersebut juga dapat menghasil hormon yang memicu perasaan senang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode