Search
Generic filters
Exact matches only

Deteksi Gejala Dini Radang Usus Buntu

0
6 months ago

Pernah mendengar penyakit usus buntu? Apakah yang dimaksud adalah usus yang tiba-tiba tersumbat? Banyak orang yang mengira jika usus buntu merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena adanya penyumbatan di dalam usus. Kenyataannya, usus buntu merupakan salah satu organ di dalam tubuh kita yang memiliki fungsi sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan terhadap sistem kekebalan tubuh.

Dalam dunia medis, penyakit yang menyerang usus buntu disebut appendisitis. Apendisitis terjadi karena adanya sumbatan pada usus buntu. Sumbatan-sumbatan tersebut bisa disebabkan oleh tinja yang keras, adanya lendir atau terjadinya infeksi parasit. Saat usus tersumbat, bakteri yang menginfeksi menyebabkan terjadinya peradangan pada usus buntu sehingga rentan pecah dan bisa membengkak. Kondisi ini jika dibiarkan dapat membuat usus buntu pecah hingga menyebabkan kematian.

Gejala-gejala yang dapat dirasakan ketika radang usus buntu diantaranya:

Sakit perut yang dirasakan di bagian kanan bawah perut. Biasanya nyeri perut akan dirasakan mulai dari perut tengah atas di dekat pusar dan menjalar ke bagian perut di kanan bawah. Hal ini terjadi karena adanya iritasi di lapisan dinding perut.

Mual, muntah, dan hilangnya nafsu makan terjadi karena adanya peradangan pada saluran cerna dan sistem saraf. Beberapa orang juga akan merasakan gangguan pencernaan seperti diare maupun sembelit.

Demam juga terjadi pada penderita radang usus buntu. Demam terjadi sebagai bentuk respon kekebalan tubuh saat melawan infeksi dan bakteri yang sedang menyerang organ tubuh.

Sering buang air kecil akan dialami oleh penderita radang usus buntu karena posisi usus buntu lebih rendah dan cukup dekat dengan kandung kemih. Ketika kandung kemih bersinggungan dengan usus buntu yang sedang meradang, maka kandung kemih juga akan ikut meradang.

Radang usus buntu harus segera ditangani. Jika tidak, bisa menyebabkan pecahnya usus buntu yang dapat mengakibatkan kuman dan kotoran akan keluar dan masuk ke rongga perut sehingga bisa menimbulkan infeksi yang lebih luas lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode