Search
Generic filters
Exact matches only

Dilema Resepsi Pernikahan dan Covid-19

0
8 months ago

Pada tanggal 7 April 2020 sudah terkonfirmasi 2491 kasus COVID-19 di Indonesia dengan rincian pasien yang sudah sembuh sebanyak 192 dan yang meninggal sebanyak 209 orang. Sudah sebulan lebih sejak Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan mengumumkan kasus pertama positif COVID-19 di Indonesia. Wabah ini memberikan dampak yang cukup serius bagi kehidupan sehari-hari masyarakat. Pemerintah pun menghimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas di luar rumah dan meminta masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Salah bentuk upaya yang sudah diimplementasikan adalah bekerja dari rumah bagi para karyawan dan pegawai dan class online untuk para siswa dan mahasiswa. Selain itu banyak kegiatan yang melibatkan banyak orang dibatalkan seperti car free day, seminar-seminar, acara lari, konser para penyanyi, dan lain sebagainya.

Tak heran apabila beberapa orang juga mau tak mau harus membatalkan acara resepsi pernikahannya. Dilema sudah pasti, resepsi pernikahan yang sudah dipersiapkan beberapa bulan sebelumnya dan segalanya sudah dipersiapkan seperti sewa gedung, baju pengantin, biaya katering, undangan dan yang lain terpaksa harus dibatalkan demi menghindari penyebaran COVID-19. Bahkan uang muka yang sudah dikeluarkan untuk keperluan itu kemungkinan tidak bisa kembali apabila dibatalkan. Tentunya pasangan yang akan menikah pada bulan-bulan ini diharapkan untuk berbesar hati tidak menyelenggarakan resepsi pernikahan.

Bagi pasangan yang masih nekad dan tetap menyelenggarakan resepsi pernikahannya maka pemerintah akan menindak tegas seperti membubarkannya secara langsung. Kapolri pun sudah mengeluarkan maklumat secara resmi tentang larangan masyarakat mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang termasuk resepsi pernikahan. Oleh karena itu sebaiknya taat terhadap himbauan pemerintah. Jangan sampai acara yang bertujuan untuk syukuran momen bahagia dalam hidup menjadi ladang penyebaran wabah dan dapat merenggut nyawa orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode