Search
Generic filters
Exact matches only

Disinfektan Bukan Untuk Manusia

0
8 months ago

Di tengah pandemi yang terjadi akibat virus COVID-19 yang semakin meluas ini, masyarakat diminta untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri maupun lingkungan. Salah satunya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Apabila tidak ada air ataupun sabun yang tersedia bisa diganti dengan hand sanitizer. WHO menganjurkan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer karena kedua benda tersebut mengandung antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri serta dapat menghancurkan lemak yang terkandung dalam DNA virus.

Namun akhir-akhir ini banyak masyarakat beralih ke desinfektan karena menurut mereka desinfektan lebih ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri maupun virus. Mereka menyemprotkan cairan desinfektan ke tubuh dengan harapan agar terhindar dari virus. Desinfektan sendiri adalah cairan pembersih yang umumnya terbuat dari hidrogen peroksida, creosote, alkohol atau klorin. Seharusnya desinfektan digunakan untuk mensterilkan benda-benda terutama untuk benda-benda yang sering dipegang seperti gagang pintu, meja, kran wastafel, ponsel, lemari, dan lain-lain bukan menyemprotkannya langsung pada tubuh. Padahal hal ini dapat menimbulkan efek yang buruk pada tubuh karena zat-zat yang terkandung bersifat karsinogenik (beracun). Apabila terkena kulit atau selaput lendir manusia, zat-zat ini akan mengikis secara perlahan lapisan tersebut sehingga dapat menimbulkan peradangan. Jika peradangan terjadi maka bakteri dan kuman pun akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, jangan asal membeli cairan desinfektan yang banyak beredar di masyarakat. Bisa jadi itu dibuat oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab secara asal-asalan dan tidak sesuai yang dianjurkan oleh WHO. Berikut adalah beberapa membuat disinfektan rumahan sesuai anjuran WHO.

Gunakan perbandingan 1:100 contohnya satu sendok makan pemutih pakaian dicampur dengan satu liter air.

  • Pembersih lantai

Campurkan satu tutup botol pembersih lantai dengan lima liter air.

Perlu diingat bahwa desinfektan akan memberikan manfaat apabila benar dan tepat menggunakannya. Jika tidak maka desinfektan malah akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh. Desinfektan untuk benda mati, bukan untuk manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode