Search
Generic filters
Exact matches only

Dosen Telkom University Mendapatkan Hibah Pengabdian Masyarakat

0
1 month ago

Telkom University – Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik No. 1 di Indonesia terus berkomitmen memberikan yang terbaik demi kemajuan Bangsa Indonesia melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Melalui tiga tugas utama tersebut, Telkom University telah melakukan pengabdian masyarakat di Kota Cimahi, Jawa Barat dengan Diversifikasi Produk Empal Gentong Instan dan Pemasaran Berbasis E-Commerce sebagai Upaya Peningkatan Produksi UMKM Produk Pangan.

Melalui pengabdian masyarakat tersebut, Dosen Fakultas Ilmu Terapan Telkom University berhasil mendapatkan hibah dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Rohmat Tulloh, S.T., M.T. selaku ketua tim pengabdian masyarakat menjelaskan bahwa pengabdian masyarakat ini bekerjasama dengan UMKM Sakinah Kota Cimahi Jawa Barat sebagai salah satu masyarakat sasarnya.

“UMKM Sakinah Kota Cimahi Jawa Barat sebagai masyarakat sasar kegiatan pengabdian masyarakat bergerak dibidang produk makanan ringan dan awetan. Terdapat dua permasalahan utama yang dihadapi, pertama saat ini UMKM belum memiliki produk unggulan yang dapat membantu meningkatkan omzet penjualan, kedua dampak pendistribusian produk terdampak Pandemi COVID-19,” jelas Rohmat.

Rohmat juga menambahkan bahwa area pemasaran produk hanya di sekitar Kota Cimahi dan Kota Bandung dengan sistem konsinyasi atau menitipkan produk di toko kue, mini market dan tempat usaha lainnya. Pada kondisi Pandemi COVID-19 ini banyak tempat wisata, sekolah, kantor dan toko yang tutup sehingga menyebabkan penjualan menurut drastis.

“Solusi untuk mengatasi permasalah tersebut dengan melakukan Diversifikasi produk yang dihasilkan oleh UMKM dengan cara memberikan pelatihan berupa Bakso Empal Gentong instan sebagai produk unggulan dan siap untuk dipasarkan. Pemasaran produk juga dilakukan melalui E-Commerce berupa pembuatan website dan pemanfaatan online market place untuk memperluas pasar.”

Pengabdian masyarakat ini merupakan kolaborasi antara Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi dan D3 Perhotelan yang beranggotakan Atik Novianti, S.T., M.T. yang merupakan dosen D3 Teknologi Telekomunikasi dan Dendi Gusnadi, M.M.Par yang merupakan dosen D3 Perhotelan Telkom University.

“Kami berharap produk yang kami hasilkan akan terus dimanfaatkan oleh UMKM dan mampu meningkatkan omzet penjualan serta menjadi produk unggulan di Jawa Barat,” ucap Rohmat.

Telkom University – Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik No. 1 di Indonesia terus berkomitmen memberikan yang terbaik demi kemajuan Bangsa Indonesia melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Melalui tiga tugas utama tersebut, Telkom University telah melakukan pengabdian masyarakat di Kota Cimahi, Jawa Barat dengan Diversifikasi Produk Empal GentongRead MoreTelkom University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode