Search
Generic filters
Exact matches only

Eloknya Samudera Kecil di Area Kerajaan Jin Dewi Anjani

0
8 months ago

Danau Segara Anak adalah sebuah danau vulkanik yang terbentuk di kaldera Gunung Rinjani pada ketinggian 2010 mdpl dan memiliki luas 11,3 km2 serta  kedalaman 230 m. Danau ini terletak di Desa Lawang Sembulan, tepatnya di sisi barat Gunung Rinjani. Nama danaunya sendiri berasal dari warna biru dari air danau yang seperti laut atau samudera, namun tidak seluas samudera sehingga diberi nama ‘Segara Anak’ yang berarti samudera kecil. Danau Segara Anak juga menjadi salah satu danau yang tertinggi di Indonesia berjajar dengan Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Gunung Tujuh di Kerinci, dan Danau Habema di Trikora.

Meskipun terletak di ketinggian, danau ini tetap menjadi salah satu favorit para pecinta gunung dan pasti masuk dalam daftar yang harus dikunjungi. Selain karena keindahannya danau ini juga diburu karena di sana tidak ada larangan untuk mengambil ikan dengan memancing. Jadi para pendaki Gunung Rinjani biasanya membawa alat pancing untuk memancing di Danau Segara Anak. Di sekitar danau ini pun terdapat beberapa goa yang juga menambah pesona sang danau. Goa tersebut adalah, Goa Susu, Goa Payung, dan Goa Manik. Dari ketiga goa tersebut ada salah satu hal menarik di Goa Susu, yaitu di dalam goa terdapat air yang berwarna putih susu dan bersuhu hangat, sehingga bisa digunakan untuk berendam.  Selain itu, di salah satu tepi danau ini pun terdapat gunung yang bernama Gunung Barujari.

Namun selain menjadi langganan para pendaki gunung untuk memancing dan memanjakan mata, danau ini juga menjadi langganan umat Hindu untuk melangsungkan Upacara Mulang Pekelem setiap lima tahun sekali. Tidak hanya umat Hindu yang berasal dari Lombok saja, tetapi umat Hindu yang berasal dari Bali, Jawa, dan Kalimantan pun ikut serta dalam upacara ini. Sebenarnya upacara ini adalah upacara meminta hujan dan keberkahan kepada Dewi Anjani dengan cara memberikan sesaji, menyembelih hewan, dan melempar emas yang berbentuk ikan-ikan kecil ke dalam danau. Dewi Anjani adalah dari Kerajaan Jin yang ada di kawasan Rinjani.

Baik bagi para pendaki gunung maupun umat Hindu, ternyata perjalanan untuk menuju tempat ini tidak begitu mudah dan cukup jauh. Mereka bisa melalui Jalur Senaru atau Sembalun dengan waktu tempuh kira-kira 7 hingga 8 jam. Namun, semua itu tidak menjadi masalah karena setelah sampai di sana akan terbayar lunas lelah dan letih dengan panoramanya yang mempesona.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode