Search
Generic filters
Exact matches only

Ergonomi Tubuh, Apakah Itu?

0
8 months ago

Sakit punggung, sakit kepala, bahu tegang, mata perih adalah masalah yang timbul akibat kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, terutama untuk para pekerja kantoran yang dituntut duduk di depan komputer selama berjam-jam. Manusia memiliki kerangka tubuh yang dirancang untuk dapat bergerak. Oleh karena itu apabila manusia dalam keadaan diam atau cenderung statis dalam waktu yang lama, maka hal tersebut malah dapat membuat tubuh kelelahan dan juga ketidaknyamanan.

Ada suatu teknik yang bisa dilakukan untuk mengurangi kelelahan dan sakit yang ditimbulkan akibat kebiasaan kerja yang cenderung statis. Teknik ini dinamakan teknik ergonomi tubuh. Ergonomi tubuh dapat dilakukan secara rutin di sela-sela aktivitas kerja. Berikut adalah lima prinsip dasar cara melakukan ergonomi tubuh, yaitu sebagai berikut.

1.Gerakan peregangan

Peregangan yang dilakukan secara rutin dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh, selain itu juga dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan koordinasi otot, dan juga meningkatkan keseimbangan. Peregangan juga sangat bagus dilakukan sebagai bentuk persiapan tubuh untuk memulai bekerja lagi.

2.Hindari beban berlebih

Sebaiknya kurangi mengangkat beban berlebih terlalu sering. Beban berlebih membuat respon otot untuk memenuhi kebutuhan gaya tinggi menjadi meningkat.

3.Kurangi stress kontak

Stres kontak adalah salah satu bentuk stres fisik yang timbul akibat terlalu lama kontak terhadap suatu benda. Misalnya mengetik, kontak antara jari dengan keyboard ini akan menimbulkan gesekan kecil di dalam tubuh. Jika dibiarkan terus menerus maka akan menghambat pergerakan tendon dan otot, fungsi saraf, serta aliran darah.

4.Penerangan sesuai

Pencahayaan yang buruk dapat mengakibatkan kelelahan mata, dan mata pun bisa berkunang-kunang. Efek lanjutan yang ditimbulkan adalah sakit kepala. Oleh karena itu penerangan yang sesuai diperlukan.

5.Bergerak secara berkala

Bahaya aktivitas kerja statis bisa dihambat dengan bergerak secara berkala setiap 30 menit sekali. Pergerakan seperti berdiri atau melakukan gerakan-gerakan pada tubuh dapat membantu merilekskan bagian tubuh yang kaku.

Oleh karena itu, meskipun dituntut melakukan pekerjaan yang cenderung statis, ergonomi tubuh secara tepat sangat membantu karena dapat memberikan berbagai manfaat penting bagi tubuh, yaitu meningkatkan produktivitas kerja, mengurangi nyeri otot, dan mengurangi kelelahan. Jika itu terjadi, maka sakit punggung, sakit kepala, bahu tegang, mata perih pun bisa dihindari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode