Search
Generic filters
Exact matches only

Fakta-Fakta Dibalik WWE Smackdown, Kompetisi Gulat yang Penuh Gimmick

0
6 months ago

Kalian anak 90an pasti udah nggak asing nih dengan acara gulat yang ditayangkan di salah satu chanel televisi swasta di Indonesia pada tahun 2000an. Ya, acara gulat itu adalah WWE Smackdown. Acara tersebut sempat booming pada masanya di Indonesia. Namun acara gulat yang sebenarnya ditujukan untuk penonton dewasa ini, menyebabkan meningkatnya perilaku kekerasan di kalangan anak-anak. Bahkan sampai ada beberapa kasus kematian karena anak-anak meniru atraksi smackdown. Karena protes keras dari kalangan orangtua, acara WWE telah dilarang tayang di layar kaca Indonesia sejak tahun 2006.

Mungkin kalian masih penasaran acara gulat pro seperti WWE itu beneran atau nggak sih? Nah, sebenarnya acara gulat pro seperti WWE, RAW, AEW, dan lain sebagainya settingan lho! Acara gulat unik ini menggabungkan olahraga gulat dengan aksi teatrikal yang penuh dengan set-up, gimmick, dan skenario layaknya sinetron yang ada di televisi. Inilah yang mungkin membuat WWE berbahaya jika ditonton orang yang menganggapnya 100% beneran. Orang dewasa saja masih banyak yang tidak paham dengan konsep sports entertainment ini, apalagi anak-anak.

Ada fakta-fakta nih dibelakang serunya atraksi gulat yang sampai menampilkan adegan berdarah-darah pada acara ini.

  1. Saat kita menyaksikan adegan WWE di televisi, acara tersebut seperti terdengar meriah karena teriakan-teriakan dari para penontonnya yang langsung menyaksikan di acara tersebut. Tapi, faktanya adalah suara teriakan penonton di siaran tunda gulat WWE hanya editan doang lho!
  2. Kalian mungkin pernah melihat adegan dimana para pegulat WWE ini sampai berdarah-darah dalam pertandingannya. Faktanya adalah, darah-darah tersebut bukan berasal dari pukulan-pukulan dan hantaman-hantaman dari para pegulat itu sendiri. Faktanya adalah pegulat menggunakan sejenis silet untuk melukai diri sendiri agar darahnya keluar. Biasanya silet tersebut disembunyikan atau dibawa oleh wasit. Ada juga lho yang menggunakan darah bohongan yang sebelumnya udah disiapkan oleh para pegulat ini.
  3. Cerita dan aksi para pegulat di acara WWE ini sudah diatur lho sebelumnya! Ternyata di belakang panggung ada tim make up, ada tim pakaian, bahkan sampai ada tim yang bertugas menulis cerita dan dialog para pegulat! Di WWE modern, terutama, kebanyakan pegulatnya bahkan tidak memiliki kebebasan dalam menyampaikan promo. Setiap mereka adu mulut di ring dan melakukan gimmick-gimmick, dialog dan gimmick mereka tersebut sudah diatur oleh tim penulis naskah.
  4. Walaupun aksi-aksi dan dialog-dialog para pegulat ini sudah diatur sebelumnya, tapi tetap saja para pegulat ini sering kali melakukan improvisasi layaknya aktor Hollywood! Ini lah yang bikin unsur gulatnya masih begitu terasa dan terlihat meyakinkan.
  5. Kalian juga pasti sering melihat para pegulat ini sering kali menggunakan alat-alat seperti kursi, tongkat pemukul, meja dan lain sebagainya dalam aksi mereka. Kalau kursi yang digunakan memang beneran, tapi alat-alat lainnya seperti tongkat pemukul, meja, dan lain sebagainya sudah dimodifikasi agar tidak menyakitkan para pegulat tersebut.
  6. Agar aksi mereka terlihat bagus dan juga mengurangi resiko cedera, para pegulat ini sebelumnya sudah berkerja sama lho! Misalnya saat kalian menonton seorang pegulat mengangkat musuhnya, justru musuhnya ini ikutan lompat biar gerakannya terlihat lebih impresif. Ada kalanya juga saat pegulat yang lompat dari sudut ring ke luar arena, jika diperhatikan baik-baik, korbannya ini biasanya malah membantu menangkap si pegulat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode