Search
Generic filters
Exact matches only

Fakta Menarik dari Kota Tertua di Indonesia

0
6 months ago

Tahukah kalian bahwa kota tertua di Indonesia berada di Pulau Sumatera? Kota Palembang yang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan merupakan kota tertua di Indonesia. Kota ini sudah ada sejak abad 682 M, sejak Kerajaan Sriwijaya berdiri. Hal ini tertulis secara jelas di prasasti Kedukan Bukit yang bertuliskan tanggal 16 Juni 682. Pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya, kota ini dijadikan salah satu pusat dari kerajaan ini yang diperkuat dengan bukti-bukti sejarah. Selain itu kota ini juga dijadikan sebagai tempat mencuci emas dan bijih timah, maka tak heran diberi nama “Palembang” yang memiliki arti “pa” adalah kata depan yang dipakai oleh orang melayu untuk menunjukkan suatu tempat berlangsungnya suatu kegiatan, sedangkan “lembang” berasal dari “limbang” yang berarti membersihkan biji logam dari tanah yang dihanyutkan oleh air.

Selain kota tertua, kota ini juga dijuluki dengan Kota Venesia dari Timur karena pada masa lalu kota ini didominasi dengan sungai dan daratan rawa serta karena adanya Sungai Musi dengan panjang 750 km yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Peradaban dan pemukimannya pun dahulu berpusat pada aliran sungainya.

Menariknya lagi walaupun pernah menjadi kota terkotor di Indonesia pada tahun 2005, tetapi Kota Palembang bisa meraih predikat kota terbersih se-ASEAN sebanyak 2 kali dan menerima Piala Adipura sebanyak 11 kali. Selain itu, kota ini juga pernah menjadi tuan rumah SEA Games 2011 dan Asian GAMES 2018 mendampingi Jakarta. Ada hal menarik lain mengenai kota ini, yaitu pemilik LRT pertama di Indonesia mendahului Jakarta dan Al- Qur’an al akbar atau Al-Qur’an raksasa dan terbesar di dunia pun berada di Kota Palembang.

Selain hal-hal di atas, masih ada hal menarik lagi mengenai Kota Palembang, yaitu memiliki macam-macam kuliner khas yang lezat seperti pempek dan tekwan, serta memiliki objek wisata yang sangat memanjakan mata, seperti Bukit Siguntang, Sungai Musi, dan Jembatan Ampera,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode