Search
Generic filters
Exact matches only

Frozen Shoulder Itu Apa, Sih?

0
8 months ago

JIka sering merasa bahu kaku dan terasa nyeri atau persendian bahu terasa nyeri saat digerakkan terutama saat melakukan aktivitas statis seperti duduk berjam-jam di depan komputer untuk bekerja atau mungkin saat terlalu lama menonton televisi kemungkinan kamu mengalami frozen shoulder. Frozen shoulder merupakan gangguan yang membuat bahu sulit untuk digerakkan. Rasa nyeri yang muncul dapat mengakibatkan ruang dalam sendiri bahu mengecil secara bertahap. Gangguan ini biasanya terjadi karena gerak persendian tidak atau kurang dilatih. Pada saat tubuh mengalami frozen shoulder, jaringan akan membentuk kapsul akan menebal. Jaringan tersebut menyerupai jaringan parut. Akibatnya pergerakan bahu akan terganggu.

Saat kita duduk berjam-jam di depan komputer, tanpa melakukan peregangan, bahu akan terasa kaku dan nyeri karena persendian bahu justru tidak bergerak. Jika kegiatan tersebut terus dibiasakan dapat memicu kondisi yang lebih buruk lagi seperti frozen shoulder. Pemicu lain yang dapat menyebabkan frozen shoulder karena adanya trauma pada bahu setelah pembedahan, otot tendon yang robek atau pernah mengalami patah tulang bagian atas. Diabetes dan kolesterol tinggi juga bisa menjadi pemicu dari frozen shoulder.

Frozen Shoulder bisa membaik dengan sendirinya, namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebagai gambaran, di tahap pertama bahu mulai merasakan nyeri pada setiap pergerakan. Akibatnya pergerakan menjadi terbatas dan berlangsung selama beberapa minggu. Tahap selanjutnya, rasa nyeri akan mulai mereda tapi bahu semakin kaku sehingga sulit untuk digerakkan dan berlangsung selama empat bulan hingga satu tahun lebih. Tahap ketiga saat jangkauan gerakan dan kondisi persendian bahu membaik, berlangsung selama satu sampai tiga tahun.

Frozen shoulder bisa dihindari dengan mengusahakan agar tangan tetap bergerak meskipun terbatas. Jika harus berada di depan komputer berjam-jam, beri waktu istirahat dan lakukan peregangan setiap lima belas atau tiga puluh menit sekali agar bahu tidak kaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode