Search
Generic filters
Exact matches only

Futsal dan Sepak Bola, Serupa tapi Tak Sama

0
7 months ago

Kalian para cowok pasti pernah main futsal bareng teman-teman kalian. Anak muda jaman sekarang juga kayanya lebih milih main futsal dibandingkan main sepak bola. Hal ini mungkin dikarenakan lapangan futsal itu banyak ada dimana aja, sedangkan lapangan sepakbola nggak di semua tempat ada. Tapi, kalian penasaran nggak sih asal muasal futsal itu kaya gimana? Kenapa bisa ada olahraga yang mirip sepakbola, yang sama-sama menggunakan bola dan gawang, tapi aturannya berbeda?

Nah jadi, futsal itu mirip banget dengan sepakbola. Futsal adalah permainan yang menggunakan bola dan dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Mirip banget kan dengan tujuannya saat bermain sepakbola? Sama seperti di sepak bola juga, selain 5 pemain utama yang bermain dilapangan, sebuah tim juga diijinkan untuk memiliki pemain cadangan.

Walaupun mirip, futsal dan sepakbola juga memiliki beberapa perbedaan. Selain jumlah anggota tim yang bermain, bola yang digunakan antara futsal dan sepakbola pun berbeda. Ukuran bola yang digunakan dalam futsal ukuran kelilingnya adalah 62-64 cm sedangkan pada sepak bola memiliki keliling 68-71 cm. Berat bola futsal memiliki berat 400-440 gram sedangkan dalam sepak bola bola yang digunakan  adalah 396-453 gram.

Selain itu, futsal biasanya dimainkan di sebuah lapangan yang berada di dalam ruangan. Karena di dalam ruangan, jadi lapangannya pun lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepakbola. Otomatis gawang futsal pun lebih kecil dari pada gawang sepakbola.

Kata futsal itu sendiri berasal dari gabungan 2 buah kata dari bahasa Spanyol dan Portugis, “futbol”yang berarti sepakbola, dan “sala” yang berarti dalam ruangan. Jadi futsal itu sepakbola yang dilakukan dalam ruangan.

Futsal pertama kali dipopulerkan oleh Juan Carlos di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930. Keterampilan dalam permainan ini terlihat pada gaya terkenal dunia yang ditunjukkan oleh pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele adalah bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara itu Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, saat ini futsal dimainkan di bawah induk organisasi sepakbola Fédération Internationale de Football Association (FIFA) di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.

Pertandingan internasional futsal pertama diadakan pada tahun 1965, dan Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Sejak tahun itu hingga tahun 1979 telah diselenggarakan Enam perebutan Piala Amerika Selatan, dan di semua gelaran juara tersebut dimenangkan oleh Brasil. Brasil mendominasi dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya di tahun 1984.

Kejuaraan pertama Dunia Futsal atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, Brasil akhirnya keluar sebagai juaranya. Brasil memperoleh kemenangan kedua di Kejuaraan Dunia yang kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi kemudian kalah dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga di Australia pada tahun 1988.

Penjelasan di atas tadi merupakan sedikit sejarah asal muasal dan perkembangan futsal di dunia, dan perbedaannya dengan sepakbola. Futsal juga cukup asik dan seru untuk disaksikan. Tak mau kalah dari pemain sepakbola, pemain futsal juga cukup sering menunjukkan skill-skill individu yang menawan.

Kalau kalian disuruh milih, mending main futsal atau main sepakbola nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode