Search
Generic filters
Exact matches only

Gatal Setelah Menyentuh Ulat Bulu. Kok Bisa?

0
8 months ago

Senang beraktivitas di luar ruangan membuat kita dapat bertemu dengan berbagai hewan salah satunya ulat bulu. Bagi sebagian orang ulat bulu menjadi sesuatu hal yang menggelikan dan membuat orang menghindarinya. Namun ada sebagian orang lain justru penasaran dan ingin mendekati ulat bulu karena rasa ingin tahu. Satu yang harus diingat sebelum menyentuh ulat bulu, saat terjadi kontak antara ulat bulu dan kulit biasanya kita akan merasa gatal dan bahkan menyebar. Penasaran kenapa bisa begitu?

Ulat bulu merupakan jenis hewan melata yang memiliki bulu-bulu halus di seluruh tubuhnya. Bulu-bulu tersebut mengandung racun yang berfungsi untuk melindungi ulat bulu jika ada ancaman dari para predator. Terkadang secara tidak sadar kita berpapasan dengan ulat bulu dan menyentuhnya atau ada ulat bulu yang baru saja jatuh dari pohon dan mengenai permukaan kulit kita. Saat terjadi kontak tersebut maka bulu pada ulat akan mengeluarkan racun sehingga menyebabkan reaksi alergi berupa gatal dan bentol-bentol yang biasa disebut biduran atau bahasa medisnya urtikaria.

Pada umumnya gatal karena ulat bulu tidaklah berbahaya jika ditangani dengan benar. Jika ada ulat bulu menempel pada permukaan kulit sebaiknya jangan diambil dengan menggunakan tangan kosong atau memukulnya. Apabila hal itu dilakukan maka akan membuat racun pada tubuh ulat bulu akan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Gunakanlah kertas, ranting atau daun untuk menyingkirkannya.

Apabila mulai terasa gatal, kita disarankan agar tidak menyentuh atau menggaruk bagian kulit yang terkena ulat bulu karena jika kita menggaruk racunnya akan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Pada bagian yang terkena ulat bulu cukup dibasuh dengan air dan sabun lalu keringkan dengan cara menepuk secara perlahan area yang terkena ulat bulu.

Cara lain untuk mengatasi gatal karena ulat bulu adalah dengan mengompres bagian kulit yang gatal dengan es batu yang dibungkus dengan kain lembut. Diamkan kompres es selama 15-20 menit. Lalu oleskan bedak anti alergi pada area yang gatal.  Mengetahui cara untuk mengatasi gatal karena ulat bulu tentu penting tetapi lebih penting lagi untuk menghindari bersentuhan dengan ulat bulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode