Search
Generic filters
Exact matches only

Gaya Berpakaian Remaja di Era Globalisasi

0
6 months ago

Globalisasi datang seiring dengan pesatnya laju perkembangan ilmu pengetahuan. Globalisasi mempengaruhi berbagai aspek, mulai dari teknologi komunikasi dan informasi, ekonomi, sosial, budaya, bahasa, dan masih banyak lainnya. Perkembangan globalisasi tentunya menimbulkan rasa ketertarikan tersendiri bagi siapa saja yang melirik dan mengikuti alur perkembangan tersebut, terutama bagi remaja yang memiliki sifat penasaran dan selalu ingin tahu.

Banyak remaja yang saat ini menganggap budaya sendiri sebagai hal yang kuno salah satu contoh yaitu dari gaya berpakaian. Remaja cenderung memilih celana jeans atau dress dari pada menggunakan batik, selain itu dari beberapa remaja ada yang memilih untuk menggunakan pakaian ketat dan terbuka untuk memperlihatkan garis tubuh atau bahkan sampai anggota tubuh. Kebanyakan remaja cenderung menggunakan pakaian dengan menirukan gaya kebarat-baratan, sedangkan produk sendiri kebaya atau batik mulai ditinggalkan.

Remaja yang berada dalam kota metropolitan cenderung mengikuti gaya hidup cara berpakaian kebarat-baratan. Jika mereka dapat memfilter dengan baik dan tepat, maka pengaruhnya juga akan positif. Namun sebaliknya, jika tidak pintar dalam memfilter mode dari orang barat tersebut, maka akan berpengaruh negatif bagi mereka sendiri.

Perkembangan globalisasi akan terus meningkat namun dengan menolak globalisasi bukanlah pilihan yang tepat, karena menghambat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hidup di zaman globalisasi perlunya kecerdasan dalam menyaring efek globalisasi. Berpakaian yang layak di tempat yang sesuai, dengan berpakaian dapat menunjukan pribadi individu masing-masing. Remaja harus bisa menentukan mana pakaian yang sesuai dengan waktu dan tempat. Boleh saja menyukai budaya luar asalkan tidak terlalu dalam untuk mengikuti budaya luar karena sifat itu berbahaya bagi keutuhan nilai dan norma budaya Indonesia. Dengan mendalami nilai-nilai adat dalam budaya daerah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode