Search
Generic filters
Exact matches only

Gelandang-Gelandang Terbaik Dunia dalam 20 Tahun Terakhir

0
6 months ago

Posisi gelandang dalam sebuah tim sepak bola merupakan posisi yang sentral. Pemain yang berada di posisi ini memiliki peran sebagai pengatur tim dan pemberi peluang-peluang matang untuk para penyerangnya. Pemain yang berada di posisi gelandang biasanya merupakan otak dari sebuah tim. Para gelandang inilah yang mengatur kapan sebuah tim harus menyerang, kapan tim ini harus bertahan. Pemain-pemain yang ada diposisi ini biasanya memiliki umpang-umpan yang akurat baik itu umpan-umpan pendek maupun umpan panjang.

Dalam 20 tahun terakhir ini, sudah banyak gelandang-gelandang terbaik dunia yang bermunculan. Berikut ini adalah gelandang-gelandang terbaik dunia dalam 20 tahun terakhir.

  1. Andrea Pirlo

Banyak yang mengatakan Andrea Pirlo merupakan gelandang terbaik dunia. Pirlo dikenal sebagai gelandang yang jenius. Pirlo dikenal sebagai gelandang flamboyan. Pirlo memiliki semua atribut yang diperlukan untuk menjadi gelandang terbaik dunia. Kepintaran dalam mengatur serangan, umpan-umpan yang akurat, dan tendangan-tendangan yang tepat sasaran, semua hal ini dimiliki Pirlo.

Ada satu quote menarik dari Pirlo, “Saat kalian menjadi pemain sepak bola, kalian harus menggunakan otak kalian. Kaki-kaki kalian hanya lah sebuah alat yang digunakan dalam permainan ini”.

Berbagai gelar telah diraih oleh Pirlo baik di level klub maupun di level internasional saat membela tim nasional Italia. Tentu saja gelar yang paling bergengsi yang didapatkannya adalah saat menjuarai Piala Dunia pada tahun 2006 bersama Italia. Pirlo telah gantung sepatu pada tahun 2017 silam.

  1. Xavi Hernandez

Xavi Hernandez merupakan pemain asal Spanyol yang menjadi salah satu gelandang terbaik dunia dalam 20 tahun terakhir ini. Xavi dikenal dengan umpan-umpan pendek dan panjang yang sangat akurat semasa dia bermain dulu. Xavi merupakan pemain jebolan La Masia, yaitu akademi sepak bolanya Barcelona. Saat itu duetnya dengan Andreas Iniesta membuat lini tengah tim yang dibelanya, yaitu Barcelona dan Spanyol begitu dominan dibandingkan tim lawan.

Xavi telah meraih berbagai gelar baik di level klub maupun di level internasional saat membela tim nasional Spanyol, tentu saja gelar yang paling prestisius ada juara Piala Dunia 2010 dan dua kali juara Piala Eropa pada tahun 2008 dan tahun 2012. Xavi telah pensiun pada 20 Mei 2019 lalu.

  1. Andres Iniesta

Andres Iniesta adalah pemain terakhir pada daftar ini yang merupakan gelandang terbaik dalam 20 tahun terakhir. Melihat Iniesta bermain begitu indah. Saat Iniesta melakukan umpan satu dua dengan rekan setimnya, saat Iniesta menggiring bola melewati beberapa pemain bak berdansa, begitu indah untuk disaksikan. Iniesta bak penyihir kecil yang berdansa di atas lapangan.

Duetnya dengan Xavi di Barcelona dan tim nasional Spanyol merupak duet yang gelandang terbaik yang pernah ada di sepanjang sejarah sepak bola. Banyak yang mengatakan kalau Iniesta korban ketidak adilan karena tidak pernah sekalipun meraih gelar terbaik FIFA maupun Ballon d’Or.

Sama seperti Xavi, Iniesta juga telah menjuarai berbagai gelar baik di level klub maupun di level Internasional saat bersama tim nasional Spanyol, gelar juara terbaik yang pernah diraihnya tentu saja saat menjuarai Piala Dunia pada tahun 2010 dan Piala Eropa pada tahun 2008 dan 2012 saat bersama tim nasional Spanyol. Iniesta telah pensiun pada tahun 2018 lalu.

Itulah gelandang-gelandang terbaik dunia dalam 20 tahun terakhir ini, adakah di antara mereka semua yang merupakan pemain idolamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode