Search
Generic filters
Exact matches only

Generasi Muda dalam Melakukan Belanja Online

0
8 months ago

Generasi muda identik dengan teknologi. Mereka sudah terbiasa dengan adanya kecanggihan teknologi sehingga karakter digital memang sudah sangat melekat, termasuk dalam hal konsumsi internet dan mengubah pola belanja yang menjadi kebiasaan belanja online. Generasi muda  selalu menyukai hal-hal yang praktis, instan, dan mudah. Karena itu, tidak heran kalau sekarang tren untuk belanja online semakin digemari daripada belanja offline. Dalam sebulan mereka bisa melakukan belanja online minimal sekali. Ditambah lagi banyak toko online yang mengadakan promo, mulai dari diskon, cashback, sampai gratis ongkos kirim. Iklan dan informasi produk baru dengan cepat  tersebar di media sosial membuat generasi muda ini lebih tertarik untuk membeli produk tersebut. Bagi mereka belanja online lebih mendapatkan keuntungan yaitu selisih harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko atau pusat perbelanjaan.

Meskipun generasi muda pernah mendapatkan kekecewaan ketika berbelanja online, mereka tidak kapok untuk tetap berbelanja online. Mereka akan mencoba penjual online lainnya dan mereka tidak merekomendasikan untuk membeli produk tidak pada toko atau agen online yang mengecewakan tersebut. Selain itu tujuan mereka untuk belanja online yaitu untuk membandingkan produk yang terdapat di toko atau pusat perbelanjaan.

Toko online juga menyediakan berbagai jenis transaksi mulai dari transfer ATM, M-Banking, Virtual Account, cash on delivery, cicilan nol persen, pembayaran melalui kartu kredit, pembayaran melalui minimarket, hingga melalui dompet digital  yang mempermudah mereka untuk melakukan pembelian barang. Namun sebagian generasi muda masih belum bisa percaya pada transaksi online, masih banyak generasi muda yang memilih untuk mencoba atau memegang produk secara langsung agar merasa aman dan nyaman sebelum membeli.

Tidak ada salahnya jika belanja online, namun generasi muda harus mulai memikirkan tentang manajemen keuangan yang lebih baik. Jangan sampai karena terlalu sering belanja online sehingga kebutuhan yang penting menjadi nomor dua. Maka dari itu, mereka harus pintar-pintar memanfaatkan promo-promo yang ada saat belanja online agar hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode