Search
Generic filters
Exact matches only

Generasi Muda, Generasi Apatis

0
7 months ago

Sifat apatis adalah suatu kondisi psikologis dimana seseorang kehilangan motivasi, tidak tanggap, acuh tak acuh atau tidak perduli terhadap aspek emosional, sosial serta kehidupan fisik. Menurut Fritz Solmitz arti apatis adalah suatu ketidakpedulian individu karena tidak memiliki minat khusus terhadap aspek-aspek tertentu, seperti aspek fisik, emosional, dan kehidupan sosial. Sikap apatis ini biasanya muncul karena matinya rasa kepedulian dan hilangnya respek hati nurani.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih yang mempermudah masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Salah satu contoh yaitu generasi muda yang sudah terbiasa dengan kehadiran teknologi. Perkembangan teknologi juga menciptakan gaya hidup modern yang membuat sifat hedonisme dan individualisme yang semakin berkembang dan melunturkan semangat nasionalisme kepada negara.

Ciri-ciri sikap apatis yaitu kehilangan minat atau ketertarikan terhadap banyak hal dalam hidupnya, kehilangan motivasi dan gairah terhadap hal-hal yang dulunya dianggap menarik dan menyenangkan, dan tidak peka atau tidak perduli terhadap orang lain dan keadaan lingkungan sekitarnya. Sifat apatis membuat generasi muda yang tidak peduli dengan diri-sendiri, sesama dan lingkungan. Mereka tidak peduli dengan norma-norma dan aturan yang berlaku. Mereka cenderung lebih suka hidup sesuka hati tanpa memikirkan resiko. Sikap apatis terlihat dari semakin berkurangnya pemuda yang mau bergabung pada organisasi malah mereka bergabung dengan komunitas pecinta idola.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi sikap apatis pemuda ini. Mungkin saja dari pemerintahan, keluarga, atau teman di sekitarnya sendiri. Kurangnya pengawasan orangtua juga menjadi faktor terbentuknya sikap generasi muda saat ini. Maka dari itu untuk mengurangi sifat apatis pada generasi muda dengan melaksanakan sumpah pemuda yang lahir dari pemikiran-pemikiran para pemuda pejuang bangsa terdahulu. Jangan sampai terhanyut oleh kemilauan perkembangan teknologi, teruslah mendayung demi kemajuan bangsa kita tercinta ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode