Search
Generic filters
Exact matches only

Green Canyon dari Tanah Sunda yang Sangat Memukau

0
6 months ago

Jika di Amerika ada Grand Canyon, maka di Ciamis Jawa Barat ada Green Canyon. Green Canyon, begitulah Cukang Taneuh disebut. Cukang Taneuh berasal dari bahasa Sunda yang berarti Jembatan Tanah. Hal ini dikarenakan Cukang Taneuh berlokasi tersebut ada jembatan yang terbangun secara alami yang akhirnya digunakan masyarakat setempat sebagai sarana penghubung antara dua desa yang berdekatan. Cukang Taneuh merupakan destinasi wisata yang cukup unik dan merupakan destinasi wisata alam yang sangat menarik karena adanya ngarai, stalagtit, dan stalagmit yang bisa disaksikan langsung di ruang terbuka. Ngarai, stalagtit, dan stalagmit ini ditumbuhi lumut-lumut sehingga membuatnya berwarna hijau. Ngarai, stalagtit, dan stalagmit ini pun mengapit Sungai Cijulang. Air Sungai Cijulang pun cukup jernih dan banyak lumut yang tumbuh pun juga mempengaruhi warna air menjadi hijau. Begitulah alasan Cukang Taneuh juga disebut dengan Green Canyon.

Apabila sedang berkunjung ke Cukang Taneuh tidak afdol jika tidak menyusuri Sungai Cijulang sambil menikmati keindahan ngarai di sekitarnya, menggunakan perahu. Selain itu juga bisa mengarumi jeramnya  atau bagi yang hanya ingin loncat dari batu tebing dan berenang bisa juga. Selain beberapa kegiatan tersebut, bagi para penggemar ketenangan dan tidak suka kegiatan yang memacu adrenalin, ada alternatif lain, yaitu memancing dengan menggunakan sampan atau perahu di sungainya.

Keindahan alamnya dan berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan membuat Cukang Taneuh tidak boleh dilewatkan apabila sedang berkunjung ke Ciamis dan sekitarnya. Cukang Taneuh berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dan hanya berjarak 31 km dari Kota Pangandaran. Selain itu, jika tidak bisa pulang-pergi ketika berlibur ke wisata ini karena mungkin jaraknya yang cukup jauh dengan tempat tinggal, tidak perlu khawatir karena ada penginapan yang disediakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode