Search
Generic filters
Exact matches only

Gunung Ijen dengan Segala Fenomena Unik Hingga Milky Waynya

0
5 months ago

Bukan hanya pantai, danau, sungai, teluk, ataupun telaga saja wisata alam yang dapat dikunjungi di Indonesia. Gunung juga merupakan wisata alam yang tidak bisa dilewatkan. Terlebih lagi Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki gunung terbanyak di dunia. Ada banyak gunung di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Gunung-gunung tersebut biasanya diburu karena pemandangan apa saja yang bisa dilihat dari gunung tersebut, seperti contohnya adalah pemandangan matahari terbit maupun terbenam. Namun, adalah salah satu gunung di Indonesia yang diburu karena hal lain, yaitu Gunung Ijen. Gunung Ijen adalah salah satu gunung yang masih aktif dan terletak di Jawa Timur lebih tepatnya berada di kawasan Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.

Selain karena pemandangannya Gunung Ijen diburu karena ada fenomena unik yang terjadi di gunung tersebut, yaitu blue fire. Blue fire atau api biru sering muncul saat malam hari sampai menjelang dini hari yang muncul di tengah-tengah kawah penambangan belerang. Fenomena ini bisa terjadi karena adanya pembakaran senyawa kimia di kawah yang mana kawah tersebut memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi. Senyawa tersebut  teroksidasi oleh senyawa lain seperti oksigen dan karbon dioksida sehingga terjadi pembakaran yang menimbulkan api dan gas berwarna biru. Fenomena ini sangat menarik orang-orang karena hanya ada dua di dunia, yaitu di Gunung Ijen dan di Iceland Islandia.

Kawah di puncak Gunung Ijen memang sangat Indah tidak hanya malam karena blue fire, namun juga saat pagi maupun siang hari. Kawah ini berupa danau besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang sangat indah serta merupakan danau kawah terbesar di dunia. Dari puncak gunung ini juga tidak hanya kawah saja yang bisa dinikmati, karena Gunung Ijen merupakan salah satu gunung yang tertinggi di Jawa Timur maka gunung-gunung yang lain bisa terlihat dari sana, seperti Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante dan lainnya. Selain itu, puncak ini juga adalah tempat yang bisa digunakan untuk melihat matahari terbit pertama kali di Pulau Jawa, karena letaknya berada di ujung timur Pulau Jawa.  Keindahan terakhir yang ada pada gunung ini adalah pada saat musim kemarau di malam hari ada penampakan luar yang bisa dilihat dari Puncak Ijen, yaitu Milky Way. Milky Way adalah salah satu galaksi seperti pita kabut dan berwarna putih yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode