Search
Generic filters
Exact matches only

Gunung Padang, Jejak Sejarah Masa Lampau

0
6 months ago

Gunung Padang bukan merupakan gunung vulkanik pada umumnya atau seperti gunung lain di Indonesia. Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan peradaban Megalitikum di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Penemuan situs ini pertama kali dimuat di Rapporten van de Oudheidkundige Dienst (ROD, “Bulletin Dinas Kepurbakalaan”) pada tahun 1914. Dalam perjalanan sejarahnya, pada tahun 1949, seorang sejarawan dari Belanda, yaitu N.J Krom juga pernah menyinggungnya. Lalu 30 tahun kemudian, pada tahun 1979 ada tiga orang yang merupakan penduduk setempat, yaitu Endi, Soma, dan Abidin melaporkan adanya tumpukan batu-batu persegi besar dengan berbagai ukuran yang tersusun dalam suatu tempat berundak yang mengarah ke Gunung Gede, hingga pada akhirnya diadakan penelitian lebih lanjut mengenai situs ini. Dari penelitian tersebut situs ini diperkirakan berfungsi sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat sekitar pada masa sekitar dua ribu tahun sebelum masehi.

Selain itu, berdasarkan hasil uji dating Laboratorium BATAN dan Laboratorium Beta Analytic Miami, menunjukkan bahwa terdapat material paleosoil yang berada di kedalaman 4 meter telah berusia 4700 tahunan sebelum masehi dan lebih tua dari Giza di Mesir. Namun hal ini dibantah oleh seorang arkeolog bernama Lutfi Yondri, yang dituangkan dalam sebuah buku berjudul “Situs Gunung Padang: Kebudayaan, Manusia, dan Lingkungan” pada tahun 2017. Meskipun demikian, diperkirakan bahwa adanya bangunan besar yang tertimbun di situs ini yang bisa mencapai 3 kali lipat ukuran Candi Borobudur. Selain itu, peradaban pada masa itu dipercaya sudah menggunakan teknologi yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan temuan semen purba yang digunakan sebagai pereka dan isian batu. Semen purba terbuat dari campuran tanah liat, besi, dan silika.

Namun terlepas dari itu semua, Gunung Padang sudah sejak lama dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Selain itu, mereka lebih mempercayai bahwa situs ini adalah peninggalan Raja Siliwangi yang ingin membangun istana dalam waktu hanya semalam namun tidak dapat terealisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode