Search
Generic filters
Exact matches only

Gurih Nan Empuk Sajian Sop Konro Bakar Khas Makassar di Restoran Marannu

0
5 months ago

Kota Makassar punya sederet kuliner khas yang wajib dicoba. Seperti magnet, makanan Makassar punya daya tarik tersendiri untuk memikat hati penggemarnya dengan menawarkan berbagai macam olahan dan cita rasa lezat. Tak heran, jika kehadiran warung makan khas kota Daeng itu sangat mudah kita temui di seluruh penjuru daerah, salah satunya Bandung.

Jika selama ini Coto Makassar yang selalu jadi buah bibir, ada pula sop konro yang tak kalah nikmat dengan kuliner Makassar lainnya. Kamu bisa temukan makanan ini di Restoran Merannu yang berada di Jalan LL RE Martadinata No. 189, Riau, Bandung. Tempatnya selalu ramai dipadati oleh pengunjung.

Sop Konro adalah makanan dengan bahan dasar iga sapi bakar yang diracik menggunakan bumbu rempah-rempah khas Makassar. Uniknya, iga sapi yang dijajakan sangatlah berbeda dengan yang lain, karena tulang dan daging iga yang tersedia memiliki ukuran besar.

Daging iga yang telah dibakar, kemudian dilumuri dengan saus merah khas Makassar yang berupa campuran antara saus sambal dan bumbu kacang. Tekstur dagingya sangat lembut nan empuk, sehingga tidak sulit untuk melepas daging dari tulangnya. Begitu pula dengan bumbu bakar pada daging tersebut juga terasa kental dan meresap.

Rasa daging yang gurih berpadu dengan rasa pedas manis dari saus berpadu jadi satu kenikmatan saat pertama kali menyantap kuliner ini.

Tak lupa dengan tambahan kuah kaldu berwarna hitam kecokelatan. Kuah sop ini berasal dari campuran rempah-rempah seperti kluwek, ketumbar, kunyit, kencur, kayu manis, asam, daun lemon, cengkih, daun salambagi, yang menjadikan rasa kuah sop semakin kuat. Biasanya, sop konro ini disajikan bersama acar dan nasi putih hangat sebagai pelengkap. Namun ada pula yang menyantap sop konro dengan potongan buras/ketupat.

Selain sop konro yang menjadi menu andalan, terdapat menu dessert seperti es pisang ijo dan palu batung yang sama-sama terbuat dari pisang. Bedanya, es pisang ijo memakai pisang raja, sedangkan palu batung memakai pisang kepok. Meski begitu, keduanya dipadukan dengan bubur sumsum khas cita rasa Makassar, kemudian ditumpuk dengan es serut. Rasanya manis dan segar bikin lega di mulut.

Menu sop konro dibanderol dengan harga mulai dari Rp 35.000 untuk ukuran kecil sampai dengan Rp 68.000 untuk ukuran jumbo. Restoran ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga besar atau kerabat terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode