Search
Generic filters
Exact matches only

Hal Sederhana yang Dapat Mencegah Penularan COVID19

0
6 months ago

COVID19 sudah menyebar hampir di seluruh negara di dunia. Virus ini sudah menyerang dan menyebabkan banyak korban meninggal. Sampai saat ini belum ada vaksin ataupun obat yang dapat mengobati penyakit ini. Meski begitu, virus ini dapat dicegah dengan beberapa cara. Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengeluarkan himbauan mengenai beberapa hal yang dapat mencegah penularan virus ini.

Rutin mencuci tangan. Tangan dapat menjadi perantara virus masuk ke tubuh. Melalui tangan, virus dapat berpindah jika menyentuh mulut, hidung, dan mata. Maka dari itu dianjurkan selalu rutin mencuci tangan termasuk jari, sela-sela jari, dan ujung kuku selama 20 detik menggunakan air yang mengalir dan sabun. Gunakan hand sanitizer yang mengandung 60% alcohol jika tidak ada sabun dan air.

Lakukan physical distancing. Jaga jarak anda ketika bertemu dengan orang lain minimal satu meter. Usahakan untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Jarak yang dekat, memungkinkan kita bisa terpapar virus dari orang yang terinfeksi melalui droplet dari bersin atau batuk.

Gunakan masker. Jika terpaksa harus beraktivitas atau ada keperluan mendesak di tempat umum, selalu gunakan masker untuk mencegah droplet keluar dari mulut dan mengurangi resiko penularan virus. Penggunaan masker juga dapat mengurangi kontak langsung dari tangan ke area hidung dan mulut.

Hindari menyentuh area mata, hidung, dan mulut. Terkadang tanpa disadari kita akan memegang hidung, mulut atau menyentuh area mata. Untuk mencegah penularan virus ini, hindari memegang area tersebut. Ada banyak permukaan atau benda yang mungkin terdapat virus di dalamnya. Jika tangan kita menyentuh benda atau permukaan tersebut kemudiann tangan menyentuh area mata, hidung, dan mulut, maka virus akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Tingkatkan daya tahan tubuh. Terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan hindari stress. Hal tersebut dilakukan agar sistem imun tetap terjaga sehingga dapat terhindar dari virus dan berbagai penyakit.

Tetap di rumah. Jika tidak memiliki urusan mendesak, sebaiknya tetap dirumah dan batasi kontak fisik dengan orang lain terutama kontak dengan penderita COVID19 atau orang yang memiliki gejala COVID19. Meskipun tidak merasakan gejala apapun, kita tidak tahu apakah kita membawa virus dan menularkannya atau justru kita terpapar virus. Maka dari itu, tetap berada di rumah menjadi salah satu langkah dan upaya untuk mencegah serta memutus mata rantai virus ini.

Bersihkan benda yang sering disentuh. Gunakan cairan desinfektan untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh seperti meja, gagang pintu, kursi, dan permukaan lainnya. Hal ini dilakukan untuk membunuh virus yang mungkin masih bertahan di benda-benda tersebut sehingga berisiko menularkan ke orang.

Terapkan etika batuk dan bersin. Saat batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung menggunakan tisu atau sikut untuk mencegah droplet keluar dan berisiko menularkan ke orang lain. Jangan menggunakan tangan karena tangan sering menyentuh benda lain sehingga memiliki tingkat penularan yang tinggi.

Cari tahu informasi akurat mengenai COVID19. Selalu ikuti perkembangan COVID19 dan ikuti aturan protokol kesehatan yang berlaku agar kita bisa lebih waspada dan tahu apa yang harus dilakukan di tengah pandemik ini.

Langkah-langkah sederhana di atas bisa dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan hal-hal tersebut, kita dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari ancaman COVID19 dan dapat menekan angka COVID19 di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode