Search
Generic filters
Exact matches only

Hal Tak Terduga dari Pohon Palem

0
5 months ago

Coba kalihat lihat pohon yang ada pada gambar diatas, jika dilihat secara sekilas, tampak seperti pohon kelapa bukan?. Gambar tersebut adalah gambar pohon palem.

Palem termasuk dalam famili pinang-pinangan atau “Arecaceae”. Tumbuhan ini salah satu kelompok tumbuhan yang termasuk tumbuhan dengan biji berkeping satu atau monokotil. Bentuknya yang unik, lucu dan khas serta tidak menyebabkan banyaknya daun berguguran seringkali menjadi alasan utama pohon palem dijadikan salah satu tanaman hias yang ditanaman di pekarangan rumah mewah. Banyak yang tak mengira bahwa bibit pohon palem memiliki harga yang cukup mahal, bisa mencapai ratusan bahkan jutaan rupiah. Hal itu tentunya bukan tanpa dasar alasan yang kuat, faktanya¬† pohon palem mampu menyerap polusi atau racun di udara sehingga dapat meningkatkan kualitas udara di sekitarnya. Selain itu dapat menyerap air 10 sampai 20 persen lebih banyak dibandingkan dengan tumbuhan lain. Alasan lainnya adalah karena pohon palem memiliki akar yang sangat kuat sehingga dapat meminimalisir terjadinya pergeseran atau kerusakan pondasi kekuatan tanah (erosi) yang biasanya disebabkan oleh air hujan dan getaran. Pohon palem memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan sangat baik di tiap lingkungannya karena tahan terhadap cuaca panas. Sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus jika kalian ingin menanam pohon ini.

Ciri unik dari pohon palem adalah memiliki batang yang jarang bercabang dan tumbuh tegak ke atas. Akarnya tumbuh dari pangkal batangnya dan biasanya menghujam ke dalam tanah sehingga dapat menopang batangnya yang tumbuh menjulang tinggi. Buahnya biasa memiliki kulit luar yang relatif tebal sehingga dapat menutupi bagian dalam buah yang berair atau berserat. Selain dapat dijadikan tanaman hias, pohon palem juga dapat dijadikan obat tradisional karena buah Palem dapat diolah sebagai bahan obat untuk meningkatkan vitalitas tubuh manusia dan ekstrak buah ini sudah banyak beredar di pasaran, kayu atau batang dan pelepah yang telah mengering dapat dijadikan bahan bakar.  Setelah mengetahui begitu banyak manfaat yang ada pada pohon palem, apakah kalian juga ingin menjadikan pohon palem sebagai salah satu koleksi tanaman di pekarangan rumah kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode