Search
Generic filters
Exact matches only

Harga Jual Mobil Eropa Bekas Relatif Murah?

0
8 months ago

Bagi kalian para pecinta otomotif, kalian tentu tahu bahwa harga jual mobil Eropa bekas selalu mengalami penurunan jauh dari harga barunya meskipun mobil yang digunakan berstatus belum lama pakai. Tak heran apabila banyak kaum milenial dari kalangan menengah atau biasa mampu memiliki mobil Eropa. Untuk di negara Indonesia sendiri, walaupun pasarnya tak sebesar pabrikan otomotif Jepang, mobil yang berasal dari benua Eropa masih memiliki peminat setia. Sebenarnya, mobil pabrikan Eropa selalu memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari fitur, material, mesin, kenyamanan hingga desain tentu menjadi faktor penting bagi para produsen mobil Eropa.

Beberapa hal yang menyebabkan harga pasar mobil Eropa bekas sangat murah dan jauh dari harga barunya, antara lain :

Pertama, Teknisi Terbatas. Struktur dan sistem Mesin mobil asal Eropa selalu lebih rumit bila dibandingkan dengan mobil produksi negara lain. Hal ini membuat Teknisi menjadi terbatas, karena merasa sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari struktur dan sistem Mesin.

Kedua, Terbatasnya Jaringan Servis. Kita tahu bahwa Semakin luas jaringan servis, maka akan memudahkan masyarakat merawat mobilnya. Konsumen pun tidak ketakutan jika membeli mobil karena tersedianya tempat servis. Namun pada kenyataannya mobil Eropa memiliki jaringan yang tidak cukup merata. Tidak seperti mobil Jepang yang memiliki jaringan penjualan dan servis yang banyak dan merata di kota-kota di Indonesia,  Jaringan servis terbatas ini menjadi salah satu penyebab harga jual mobil Eropa bekas relatif murah. Biasanya hanya ada di kota kota besar atau ibukota provinsi. Semakin luas jaringan servis, maka akan memudahkan masyarakat merawat mobilnya. Konsumen pun tidak was-was jika membeli mobil karena tersedianya tempat servis.

Ketiga, Mahalnya Onderdil/Perlengkapan Mobil. Kebanyakan onderdil mobil Eropa semisal VW, Mercedes atau BMW, memang didatangkan langsung dari Eropa sehingga tidak ada onderdil palsu atau tiruan karena semua orisinal. Ini membuat harga onderdil mobil Eropa begitu mahal. Namun meskipun mahal, onderdil mobil Eropa mampu bertahan sangat lama.

Keempat, Penggunaan BBM Boros. Rata-rata mobil pabrikan Eropa memiliki kekuatan dan kecepatan cc yang sangat besar dibanding mobil asal negara lain. Sehingga konsumsi BBM lebih boros daripada mobil pabrikan Jepang atau Asia. Meskipun lebih boros, tapi sebenarnya mobil Eropa sangat baik dalam hal tenaga dan torsi. Sehingga mobil Eropa akan tetap memiliki banyak penggemar. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode