Search
Generic filters
Exact matches only

Hati-Hati dengan Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi

0
7 months ago

Kolesterol tinggi menjadi salah satu pemicu awal berbagai masalah kesehatan kronis. Sebenarnya kolesterol merupakan komponen lemak yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sel dan jaringan tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Namun kadar kolesterol yang berlebihan akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Menerapkan pola hidup sehat dapat membantu kita tetap menjaga kolesterol dalam jumlah yang seimbang. Selain itu, kita juga perlu membatasi dan menghindari makanan-makanan pemicu naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Makanan-makanan yang dapat memicu naiknya kadar kolesterol di dalam darah diantaranya adalah makanan cepat saji. Makanan cepat saji dinilai memiliki nilai gizi yang kurang lengkap. Dalam satu porsi makanan cepat saji mengandung 85-150 mg kolesterol. Biasanya seseorang akan memakan beberapa porsi makanan cepat saji sehingga dalam waktu yang bersamaan akan membuat kolesterol yang masuk dalam tubuh cukup banyak.

Minuman bersoda dan es krim juga dapat menjadi pemicu naiknya kolesterol dalam darah. Biasanya es krim ataupun minuman bersoda dijadikan hidangan penutup. Sebaiknya hidangan penutup bisa diganti dengan makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan.

Beberapa makanan laut juga harus diwaspadai seperti udang. Udang memiliki kadar kolesterol yang paling tinggi dibandingkan dengan ikan dan cumi. Rasa daging udang yang enak membuat kita dapat lupa kalau mengkonsumsinya dengan berlebihan dapat memicu naiknya kadar kolesterol. Jika ingin mengkonsumsi makanan laut, baiknya imbangi dengan sayur dan buah-buahan yang memiliki nutrisi dan kaya akan serat.

Jika kalian menyukai kulit ayam, sapi atau kikil sebaiknya batasi dan akan lebih baik lagi dihindari. Kulit mengandung lemak jenuh yang tinggi bahkan lebih tinggi dari dagingnya. Selain itu jeroan ayam dan sapi seperti bagian hati, usus, ampela, jantung, paru, dan organ dalam lainnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Makanan yang digoreng dengan minyak apalagi minyak jelantah yang sudah digunakan berkali-kali juga akan membuat kadar kolesterol dalam makanan tersebut naik. Untuk menghindarinya bisa dengan menggunakan alternatif lain seperti dikukus atau direbus.

Setelah mengetahui makanan-makanan pemicu naik nya kadar kolesterol dalam darah, akan lebih baik jika kita menghindari dan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode