Search
Generic filters
Exact matches only

Hati-hati! Kebiasaan Ini Memicu Radang Usus Buntu

0
6 months ago

Radang usus buntu bisa terjadi kepada siapapun. Saat usus buntu meradang, perut akan terasa nyeri dan disertai gejala lainnya seperti gangguan pencernaan hingga demam. Ada beberapa penyebab yang membuat usus buntu meradang. Beberapa dokter mengatakan bahwa salah satu penyebab usus buntu yaitu pola hidup yang kurang sehat saat mengkonsumsi makanan.

Terkadang tanpa kita sadari kebiasaan sepele justru menjadi pemicu meradangnya usus buntu, lho. Kamu tidak percaya? Ini beberapa kebiasaan yang terlihat sepele tetapi dapat memicu radang usus buntu:

Menahan kentut. Meskipun terlihat sepele, tapi kebiasaan yang satu ini dapat memicu meradangnya usus buntu. Hal ini terjadi karena gas yang berada di saluran pencernaan yang seharusnya dikeluarkan menjadi tertahan. Akibatnya dinding usus menjadi tipis dan dapat memicu peradangan.

Rutin mengkonsumsi gorengan. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang nikmat dan harga yang murah. Namun, tahukah kamu jika gorengan menjadi salah satu pemicu meradangnya usus buntu? Gorengan yang biasa dikonsumsi banyak orang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Apalagi jika minyak gorengan digunakan lebih dari satu kali. Jika kita terlalu sering mengkonsumsi gorengan, makan kadar lemak jenuh yang masuk kedalam tubuh akan lebih banyak akan membuat kadar kolesterol menjadi naik dan memicu peradangan pada usus termasuk usus buntu.

Sering mengkonsumsi makanan yang dibakar. Ini juga juga dapat memicu meradangnya usus buntu. Makanan yang diolah melalui cara dibakar dengan arang mengandung zat karsinogen. Zat karsinogen merupakan zat yang dapat memicu kanker serta gejala usus buntu. Sebagainya kurangi konsumsi makanan yang dibakar seperti sate, ayam bakar atau ikan bakar.

Sering mengkonsumsi daging kalengan. Daging kalengan memang sejenis makanan instan yang tahan lama dan mudah untuk disajikan. Namun, dibalik semua kemudahan itu ternyata daging instan tidak dianjurkan untuk sering dikonsumsi karena mengandung zat karsinogen yang dapat menjadi pemicu meradangnya usus buntu.

Tidak memperhatikan kebersihan. Radang usus buntu juga bisa terjadi karena makanan yang kita konsumsi kurang bersih. Pasalnya, bakteri yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan infeksi sehingga akan lebih mudah terserang radang usus buntu.

Untuk menghindari meradangnya usus buntu, ada baiknya kita mulai merubah kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu peradangan. Mulailah dengan menerapkan pola hidup sehat dan perhatikan makanan yang dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode