Search
Generic filters
Exact matches only

Hati-hati, Rabun Jauh Bisa Menyerang Siapa Saja

0
8 months ago

Rabun jauh menjadi salah satu jenis gangguan penglihatan yang bisa menyerang siapa saja. Namun rabun jauh umumnya terjadi di usia muda atau masa remaja yang memiliki aktivitas cukup tinggi seperti sering membaca buku dan berada di depan layar komputer. Gangguan penglihatan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bila dibiarkan begitu saja. Rabun jauh atau dalam bahasa medis disebut myopia perlu diketahui sejak dini agar dapat ditangani dan dirawat sebaik mungkin.

Gejala rabun jauh biasanya diawali dengan sakit kepala karena mata yang kelelahan, tanpa sadark akan sering memicingkan mata untuk melihat objek yang jauh agar dapat melihat dengan jelas, lebih sering mengedipkan mata, dan pandangan akan terlihat buram atau tidak fokus saat melihat objek yang jaraknya cukup jauh.

Selain gelaja, ada baiknya untuk mengetahui penyebab dari rabun jauh. Penyebab umum rabun jauh yang pertama adalah faktor keturunan, yaitu penderita memiliki silsilah keluarga yang juga mengidap rabun jauh. Penyebab kedua merupakan faktor kebiasaan yang dipengaruhi dari kegiatan sehari-hari seperti terlalu sering berada di depan layar komputer, terlalu sering membaca buku atau menggunakan layar ponsel dalam jangka waktu yang lama dan pencahayaan yang kurang. Faktor penyebab yang terakhir yaitu faktor kekurangan nutrisi yang seharusnya menjadi asupan kebutuhan mata justru tidak tercukupi.

Tentu mencegah lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa cara mencegah rabun jauh yang dapat dilakukan. Cara yang pertama adalah memastikan untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A yang cukup. Kemudian hindari pemakaian komputer dalam jangka waktu yang lama dan istirahatkan mata dalam waktu yang cukup. Jika sedang membaca buku perhatikan pencahayaan yang ada agar tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kondisi kesehatan mata secara rutin ke dokter.

Bagi penderita rabun jauh, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar tidak semakin parah. Langkah pertama yang perlu kita lakukan apabila sudah ditemukan gejala-gejala rabun jauh yaitu konsultasikan ke dokter spesialis mata untuk mengetahui tingkat keparahannya. Jika sudah ditentukan tingkat keparahannya kita dapat menemukan penanganan yang baik untuk mata rabun jauh. Penanganan rabun jauh biasanya diatasi dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak karena ini merupakan cara yang paling sederhana dan terjangkau. Pemilihan kacamata dan lensa kontak tergantung pada kebutuhan serta kenyamanan penderita rabun jauh. Rabun jauh juga bisa diatasi dengan melakukan operasi dengan sinar laser (LASIK) dimana sinar laser akan digunakan untuk mengatur lengkungan kornea sehingga kondisi mata akan jauh lebih baik. Penggunaan obat tetes mata atropine juga diduga dapat mencegah rabun jauh bertambah parah. Obat mata tersebut digunakan sesuai dengan resep dokter. Penanganan selanjutnya dapat dilakukan implan lensa buatan jika keparahan rabun jauh cukup tinggi dan tidak bisa ditangani dengan operasi laser.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode