Search
Generic filters
Exact matches only

Hati-Hati Saat Menggunakan Headset

0
6 months ago

Mendengarkan musik menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi sebagian orang. Di masa modern seperti ini, mendengarkan musik akan jauh lebih menyenangkan jika menggunakan headset karena kita bisa mendengarkan musik tanpa mengganggu orang lain. Menggunakan headset membuat kita bisa mendengarkan musik dengan suara yang lebih jernih. Namun dibalik semua itu, menggunakan headset terlalu sering dan dengan volume tinggi juga bisa berbahaya bagi kesehatan telinga.

Berdasarkan penelitian, menggunakan headset selama lima jam dalam seminggu dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada telinga. Meskipun saat ini dampak tersebut belum terlihat, namun perlahan-lahan kemampuan mendengarkan bisa berkurang bahkan menghilang. Hal ini terjadi biasanya pada mereka yang masih berusia muda.

Gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan saat menggunakan headset juga berpengaruh pada listrik otak. Penelitian pernah dilakukan pada seekor tikus. Gelombang elektromagnetik pada headset bisa menimbulkan radiasi yang menyebabkan kerusakan kinerja otak. Radiasi yang ditimbulkan juga bisa menyebabkan bahaya jangka panjang seperti kanker, tumor otak autisme hingga kerontokan rambut.

Menggunakan headset terlalu sering juga bisa mengakibatkan infeksi telinga. Infeksi terjadi karena headset bisa mengandung kuman dan bakteri yang bisa bebas masuk ke dalam telinga sehingga mengakibatkan berbagai infeksi. Headset juga berbahaya karena bisa mengisolasi pendengar dari suara keramaian seperti menggunakan headset saat mengemudi. Hal tersebut membuat pengemudi tidak bisa mendengarkan suara sekitar dan bisa mengabaikan suara klakson peringatan.

Ada banyak cara agar terhindar dari kerusakan pendengaran akibat menggunakan headset di antaranya dengan mengurangi volume suara serta mengurangi jangka waktu penggunaan headset. Saran lain yang bisa dijadikan alternatif adalah mengganti headset dengan headphone yang berukuran lebih besar. Menggunakan headset yang kecil membuat earbuds harus masuk dan menutup lubang telinga, sedangkan headphone hanya ditempel di bagian luar telinga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode