Search
Generic filters
Exact matches only

Hati-Hati, Tidur di Pagi Hari Itu Berbahaya

0
7 months ago

Beberapa orang ada suka begadang ataupun terpaksa untuk begadang. Hal tersebut membuat waktu tidur berkurang. Biasanya orang-orang akan mengganti waktu tidur yang berkurang itu dengan tidur di pagi harinya. Hal tersebut sebetulnya wajar saja jika dilakukan sesekali. Namun jika dijadikan kebiasaan, akan banyak masalah kesehatan yang menghampiri.

Idealnya untuk orang dewasa membutuhkan 7-8 jam untuk tidur. Waktu yang direkomendasikan untuk tidur adalah pukul 20.00 hingga 24.00 dan bangun ketika kebutuhan tidur sudah terpenuhi. Jika seseorang terbiasa tidur di pagi hari akan mempengaruhi jam biologis seseorang.

Pada umumnya seseorang akan mengantuk saat malam hari. Saat mengantuk, mata akan memberi sinyal ke otak untuk memproduksi hormone melatonin yang akan membuat rasa kantuk datang. Saat pagi hari produksi melatonin akan berkurang sehingga tubuh akan lebih segar dan siap untuk beraktivitas. Jadi, bila kita tidak tidur di malam hari maka jam biologis akan terganggu.

Kebiasaan tidur di pagi hari bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Menurut penelitian, adanya gangguan tidur akan meningkatkan resiko terjadinya resistensi insulin, sehingga kadar gula darah akan meningkat dan mengakibatkan diabetes. Penyakit jantung dan paru-paru juga kerap menghantui orang yang sering tidur pagi. Saat tubuh kurang tidur , tekanan darah akan meningkat dan peradangan dalam tubuh dapat terjadi sehingga resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah juga meningkat.

Seseorang yang terbiasa tidur di pagi hari juga dapat memiliki resiko obesitas yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena seseorang yang kurang tidur akan membuat nafsu makan bertambah, sehingga akan membuat seseorang makan lebih banyak. Seseorang yang terbiasa tidur di pagi hari juga memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena kanker. Beberapa studi mengatakan bahwa sebagian besar penderita kanker memiliki kebiasaan sering begadang atau tidur kurang dari 7 jam. Bahaya tidur pagi lainnya yaitu sakit kepala karena pola tidur yang tidak sesuai akan mempengaruhi hormon serotonin pada otak.

Bahaya-bahaya tersebut pastinya tidak akan terjadi dan bisa kita hindari jika kita menerapkan pola tidur yang teratur. Jika anda memiliki pola tidur yang tidak teratur, segera Kembali terapkan pola tidur yang baik dan berkonsultasilah ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode