Search
Generic filters
Exact matches only

Hempas Jerawat Agar Kulit Tetap Mulus dan Sehat

0
7 months ago

Memiliki kulit wajah yang mulus dan sehat adalah idaman bagi semua orang. Baik bagi wanita maupun pria memiliki kulit wajah yang mulus dapat meningkatkan rasa percaya diri. Akan tetapi, ada beberapa gangguan pada kulit wajah yang bisa dialami oleh seseorang baik pria maupun wanita, seperti jerawat, flek, bruntus, komedo, dan masih banyak yang lainnya. Dari berbagai jenis gangguan pada kulit wajah tersebut mari membahas mengenai jerawat.

Jerawat dapat muncul ketika folikel (tempat tumbuhnya rambut) di kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Pada umumnya jerawat dapat menyebabkan peradangan pada kulit, bintik gelap, menyebabkan rasa panas atau nyeri ketika disentuh, dan dapat menimbulkan bopeng apabila tidak diatasi dengan benar. Berdasarkan dari tingkat keparahannya, jerawat terbagi menjadi tiga, yaitu ringan, sedang, dan parah. Jerawat ringan dan sedang masih bisa ditangani di rumah lain halnya dengan jerawat yang sudah parah sebaiknya diatasi oleh dokter kulit.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi jerawat ringan dan sedang yang bisa dilakukan di rumah.

Menurut American Academy of Dermatology, dengan membersihkan wajah paling tidak 2 kali sehari dapat membantu mengatasi jerawat yang ada di wajah. Penggunaan sabun pun penting, pilih sabun anti jerawat yang cocok di kulit wajah. Perlu digaris bawahi belum tentu sabun anti jerawat yang banyak peminatnya cocok di kulit Anda bisa jadi malah memperparah jerawat yang muncul.

Untuk jerawat ringan dan sedang penggunaan krim anti jerawat memang cukup efektif untuk mengatasinya. Krim jerawat yang digunakan bisa dibeli di apotek dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

  • Menjaga kulit tetap terhidrasi

Menjaga kulit agar tetap terpenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya dapat membuat kulit terhidrasi dengan baik. Apabila kulit terhidrasi dengan baik maka jerawat pun akan cepat hilang dengan perlahan.

Makanan pedas dan mengandung minyak biasanya cenderung akan menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan karena antioksidan yang terkandung pada beberapa buah dan sayuran dapat membantu melawan bakteri penyebab peradangan pada jerawat.

Tingkat stres juga memicu timbulnya jerawat pada kulit wajah karena stres dapat mempengaruhi naik turunnya hormon seseorang. Oleh karena itu perlu melakukan kegiatan yang menyenangkan supaya tingkat stres tetap bisa terkontrol.

Demikian adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat ringan dan sedang. Untuk jerawat parah sebaiknya diobati ke dokter kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode